'Gertak Sambal' TNI-Polri Buat PA 212 Batal Gelar Syukuran Kemenangan Prabowo-Sandi di Monas

MerahPutih.com - Pengamat politik Emrus Sihombing menilai aksi syukuran kemenangan versi Prabowo-Sandi oleh Presidium Alumni 212 batal digelar di Monas, Jakarta Pusat karena pemerintah tegas.

Seperti diketahui di sejumlah jejaring sosial dijelaskan bahwa Presidium Alumni 212 akan menggelar syukuran besar-besaran atas kemenangan Prabowo-Sandi versi survei internal pihaknya.

Emrus Sihombing
Pengamat politik Emrus Sihombing

Nyatanya, syukuran tersebut batal terlaksana di Monas dan Senayan. Namun, syukuran masih dilakukan juga oleh PA 212 di Mesjid Al-Azhar secara sederhana.

Menurut Emrus, di Monas terdapat beberapa tempat tersebut berdekatan dengan objek vital pemerintah.

"Juga bertepatan dengan Paskah jadi untuk mengurangi residu dari panasnya politik memang sudah dikerahkan pasukan TNI dan Polri menggelar apel,” kata Emrus Sihombing kepada wartawan di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Emrus menilai gelaran apel TNI dan Polri di Monas dan Senayan merupakan upaya “gertak sambal” yang cukup efektif meredam gejolak dari pendukung berat Prabowo-Sandi.

“Kalau saya bilang iya benar gertak sambalnya itu berhasil meredam gejolak pendukung Prabowo-Sandi. Terbukti aksi saat ini mulai adem ayem,” ucap Emrus.

Menurut Emrus dengan gelaran apel oleh TNI dan Polri di Senayan sudah cukup membuat gerombolan aksi PA 212 berubah pikiran untuk melakukan aksi.

Syukuran kemenangan Prabowo-Sandi di Kertanegara, Jakarta Selatan. Foto: MP/Ponco

Apel para penjaga demokrasi tersebut juga dianggap sebagai bentuk represif halus dari pemerintah untuk menghentikan niatnya turun aksi syukuran di Monas maupun Senayan.

“Dengan keberadaan apel TNI dan Polri kan kita bisa lihat juga bahwa itu adalah bentuk represif halus kalau negara ini berdaulat. Di sini Jokowi lebih leluasa karena tidak memiliki kepentingan lagi. Jadi bisa lebih tegas,” ujar Emrus yang juga pengajar di Universitas Pelita Harapan ini. (Knu)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH