Gerombolan Indik-Indik Pasti Hapal Jenis Camilan Kolong Meja Ngilmu Negeri Aing Celingukan memantau guru lalu tangan menyuap camilan masuk mulut. (Unsplash-Ahmad Ossayli)

"DILARANG makan di kelas," demikian peraturan paling populer di tiap sekolah. Tapi entah kenapa, siswa justru paling sering melanggar aturan tersebut. Ada saja siswa iseng menyelundupkan makanan untuk disantap secara sembunyi-sembunyi di kelas.

Ketika menuju kelas, mereka biasa menyembunyikannya di saku baju, saku celana atau saku rok, kemudian memindahkannya ke kolong meja. Begitu guru meleng, set! Makanan akan berpindah ke mulut mereka. Dikunyahnya pun pelan-pelan banget bahkan kalau bisa tanpa suara karena takut ketahuan guru.

Makan di kelas memang melanggar etika di dalam proses belajar-mengajar. Namun, tidak melulu keinginan tersebut muncul untuk melanggar etika, melainkan ada faktor lain. Menurut lansiran dari Cleveland Clinic, banyak orang menggunakan makan sebagai mekanisme koping untuk mengatasi perasaan stres, kecemasan atau kebosanan. Sementara saat belajar di kelas, ada dua hal mungkin banget dirasakan para siswa, terutama stres lantaran pelajaran sulit atau bosan sama penjelasan guru.

Baca Juga:

Pekerjaan Rumah Kerap Menjadi 'Pekerjaan Sekolah' Saat Ngilmu di Negeri Aing

Meski beberapa anak secara sadar mengerti makan di kelas melanggar etika, tetap saja kebiasaan tersebut sulit dihilangkan sampai dinding di kelas kerap muncul tulisan tebal larangan makan selama proses belajar-mengajar.

Buat para siswa dua tahun belakangan masih belajar di rumah alias mengikuti sistem pembelajaran jarak jauh melalui daring, pasti kangen banget sama sajian camilan khas biasa buat 'kuncian' makan di kelas.

Ada sejumlah makanan wajib banget ada di kolong meja anak-anak hobi makan di kelas. Apa sajakah jenis makanan itu?

1. Permen atau Permen Karet

camilan
Permen karet biasa jadi andalan saat siswa mengantuk. (Unsplash-Marvin Meyer)

Entah kenapa otak terasa lebih fresh saat ngemut permen waktu belajar di kelas. Biasanya, permen atau permen karet dijadikan senjata ampuh saat siswa ngerasa ngantuk banget pas jam pelajaran. Mau tidur enggak mungkin. Cabut pelajaran bisa kena omelan. Yaudah deh makan permen atau permen karet jadi alternatifnya. Hanya saja, mereka hobi makan permen karet atau permen saat di kelas seringkali meninggalkan "jejak" berupa bekas permen karet ditempel di bawah meja.

Alhasil barang-barang disimpan di kolong meja pun ketempelan permen karet, dan paling menjengkelkan kalau udah kena celana. Susah ilangnya sumpah.

2. Lidi-lidian atau Macaroni

camilan
Makan lidi-lidian di kelas asyik (Sumber: lilidian)

Makanan berbentuk mirip lidi dan ditaburi cabai bubuk ini biasa jadi andalan murid-murid perempuan. Sebelum bel pelajaran dimulai, anak-anak perempuan biasa beli jajanan tersebut di kantin sekolah lalu menyelipkannya di saku baju.

Pas sampai di kelas, mereka mulai deh memindahkan lidi-lidian pedas ke kolong meja. Setiap kali gurunya mengalihkan perhatian, dengan gerakan secepat ninja mereka mulai menggigit satu persatu lidi.

Baca juga:

Meja Sekolah Jadi Arena Psywar Anak Pagi Versus Siang

Tidak lupa diakhiri gerakan menjilat cabai bubuk biasa nempel di tangan. Pedasnya cabai di lidi-lidian juga dipercaya bisa bikin "melek" saat jam pelajaran sekaligus menghilangkan rasa bosan.

Murid hobinya cemilin lidi-lidian di kelas harus punya persediaan air minum dalam botol karena bakal kepedasan. Salah satu drama mungkin banget dialamin penggemar lidi-lidian adalah saat bubuk cabe terbang ke arah mata. Ouch!

3. Siomay atau Batagor

camilan
Siomay atau batagor penunda lapar (Sumber: Pinterest/latifah)

Jenis murid suka makan siomay atau batagor di kelas biasanya selain sering 'lapar mata', juga lumrahnya belum sempat makan dan memang betul-betul kelaparan.

Siomay atau batagor kerap jadi pilihan bagi mereka untuk 'ganjel perut' sampai tiba waktu mereka untuk mengonsumsi makanan beneran. Terbayang bumbu kacang, kecap, saus, dan kadang air perasan jeruk limau menambah kenikmatan batagor atau siomay di dalam plastik.

Saking nikmatnya, biasanya anak-anak penggemar siomay plastikan bakal memeras seluruh isi plastiknya supaya enggak ada bumbu kacang tersisa lalu dimasukan mulut. Nyam! Namun, perlu hati-hati jangan sampai bumbu kacang menetes di baju seragam berwarna putih karena bakal susah nanti cucinya, selain bisa juga jadi barang bukti (barbuk) saat ketahuan guru.

4. Gorengan

camilan
Gorengan senjata andalan mereka yang cari donasi (Sumber: Cookpad)

Di tiap kelas, biasanya ada satu murid cari donasi dengan jualan gorengan di kelas. Mulai dari risol sampe lontong, lengkap! Mereka bisa memanfaatkan kelaparan dan kebosanan siswa lain di kelas dengan menjual gorengan pas jam pelajaran.

Biasanya gorengan-gorengan tersebut disusun dalam kardus berukuran sedang. Sebelum guru masuk ke kelas, murid-murid ngumpul di meja siswa tersebut untuk beli gorengan.

Harganya pun variatif tergantung jenis gorengan dan ukurannya. Setelah masing-masing punya gorengan, mereka akan menaruhnya di laci meja, dan akan menyantapnya secuil demi secuil saat kegiatan belajar-mengajar berlangsung.

Biasanya sih gorengan dianggap buat 'pondasi' tipis-tipis sebelum jam makan siang. Eits, ingat jangan samapi setelah makan goreng langsung mengelap tangan penuh minyak di seragam. (Avia)

Baca juga:

Bolos Sekolah Belum Tentu Anak Salah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pria Pakai Rok, Kenapa Enggak?
Fashion
Pria Pakai Rok, Kenapa Enggak?

Menjadi bukti bahwa sekat fesyen perempuan dan laki-laki makin kabur.

Romain Grosjean Kembali ke F1
Fun
Romain Grosjean Kembali ke F1

Toto Wolff memberikan kesepatan pada Grosjean untuk mengendarai W10 yang dipakai Hamilton.

Dendengkot Metal Indonesia Irfan 'Rotor' Sembiring Tutup Usia
ShowBiz
Dendengkot Metal Indonesia Irfan 'Rotor' Sembiring Tutup Usia

Irfan Sembiring dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (16/2) dini hari.

Menilik Gaya Vintage Olivia Rodrigo saat Berkunjung ke Gedung Putih
Fashion
Menilik Gaya Vintage Olivia Rodrigo saat Berkunjung ke Gedung Putih

Presiden AS Joe Biden mengundang Olivia Rodrigo ke Gedung Putih.

Pengguna Spotify Kini Bisa Mencari Lagu Berdasarkan Lirik
ShowBiz
Pengguna Spotify Kini Bisa Mencari Lagu Berdasarkan Lirik

Spotify kini memudahkan para penggunanya dengan fitur pencarian lagu berdasarkan lirik

Paket Lengkap Idola K-Pop Multitalenta
ShowBiz
Paket Lengkap Idola K-Pop Multitalenta

Mulai dari menari, menyanyi, rap, hingga akting.

Manfaatkan Fitur Instagram Locations untuk Review Jujur
Fun
Manfaatkan Fitur Instagram Locations untuk Review Jujur

Karena unggahan influencers bisa saja menyesatkan.

Menikmati Keindahan Pelangi Setiap Hari
Travel
Menikmati Keindahan Pelangi Setiap Hari

Keajaiban pelangi menjadi makin ajaib Hawaii.

Hotman Paris Beli Popcorn Senilai Rp50 juta
ShowBiz
Hotman Paris Beli Popcorn Senilai Rp50 juta

Hotman Paris Menangkan lelang Popcorn Candy Lapis Emas Senilai Rp50 juta

10 Film Adaptasi Terlaris dari Novel Horor Karya Stephen King
ShowBiz
10 Film Adaptasi Terlaris dari Novel Horor Karya Stephen King

Dijuluki 'The King of Horror', adaptasi film dari novel karya Stephen King banyak yang menuai kesuksesan.