Germas Diluncurkan Kemenkes Gerakan masyarakat hidup sehat (Foto: depkes.go.id)


Germas alias GERakan MAsyarakat hidup Sehat diluncurkan Kementerian Kesehatan (Kemenkas). Menurut Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F. Moeloek, Germas merupakan tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Untuk saat ini mempraktekkan gaya hidup sehat bisa diimplementasikan melalui 7 kegiatan utama. Mulai dari beraktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban untuk buang air besar," kata Nila F. Moeloek, Kamis (10/11).

"Saat ini, masalah utama di bidang kesehatan adalah soal pola pikir. Dengan keberagaman yang ada di masyarakat, bukan hal yang mudah mempopulerkan gaya hidup sehat," tambahnya.

Menurut Nila F. Moeloek, Germas digagas karena dalam 30 tahun terakhir terjadi perubahan dalam pola penyakit, terkait dengan perilaku manusia. Pada era 1990an penyebab terbesar
sakit dan kematian adalah penyakit menular seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), tuberculosis, atau diare.

Namun, saat ini, penyebab kematian bergeser menjadi penyakit tidak menular seperti jantung, darah tinggi, stroke, jantung, kanker, dan kencing manis. Guna mempopulerkan program ini, Kemenkes akan menjalin kerja sama dengan lintas kementerian.

"Dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan misalnya, kami ingin mengaktifkan lagi unit kesehatan siswa," jelasnya.(diy)

 



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH