Gerindra Usulkan Empat Cawagub DKI, Begini Reaksi PKS Politisi PKS yang juga Cawagub DKI Jakarta Ahmad Syaikhu (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta Gerindra menghormati dan tak mencederai kesepakatan awal mengenai penetapan nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno. Di mana Prabowo Subianto telah menyerahkan kursi DKI 2 ke PKS.

Apalagi dua kader PKS bernama Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu telah disepakati sedari awal untuk menjadi cawagub DKI.

Baca Juga

DPRD Tolak 2 Cawagub DKI Jagoan PKS, Taufik Gerindra Siap Ambil Alih

Gerindra secara mengejutkan mengusulkan empat nama cawagub DKI ke DPP PKS. Keempat nama tersebut adalah Dewan Penasihat DPP Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry J Yuliantoro, Sekretaris Jenderal Gerindra Arizka Patria, dan Sekda DKI Jakarta Saefullah.

Cawagub DKI Jakarta dari PKS Ahmad Syaikhu diminta mundur dari DPR
Ahmad Syaikhu sowan ke rumah Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (15/2). Foto: MP/Asropih

"Kita ingin Gerindra menyepakati yang telah dibuat sama PKS. Agar itu dihormati dan tidak dicederai," ujar Ketua Fraksi PKS DPRD DKI, M. Arifin saat dikonfirmasi, Jumat (8/11).

Baca Juga

Gerindra Ajukan Empat Nama Cawagub DKI, Sekda Saefullah Masuk Kandidat

Meski begitu, Arifin meyakini bila Partai Gerindra tak akan mengingkari janji, meski keadaannya koalisi di pusat telah pecah dengan PKS. Sebab, dua nama kader yang telah disepakati awalnya itu pun telah disampaikan kepada Gubernur Anies Baswedan.

"Kan kesepaakatan awal dengan Gerindra seperti itu," katanya

Lebih lanjut, Arifin mengaku partai berlambang kepala burung garuda itu tidak pernah melakukan komunikasi dengan PKS, baik di jajaran DPP maupun DPD terkait pengajuan empat nama tersebut.

Baca Juga

Dilantik Jadi Anggota DPR, Status Ahmad Syaikhu Tetap Cawagub DKI

"Kita belum dapat informasi. Biasanya kalau ada langsung disampaikan ke saya sebagai ketua fraksi. Itu tidak ada penyampaian. Makanya kita tetap mengawal apa yang telah disepakati," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH