Gerindra Sebut Petani Menjerit Kena Imbas Kenaikan BBM

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 08 September 2022
Gerindra Sebut Petani Menjerit Kena Imbas Kenaikan BBM
Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid. (Foto: DPR RI)

MerahPutih.com - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi disesalkan oleh sejumlah pihak. Salah satunya adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Abdul Wachid.

Wachid mengaku prihatin dengan kondisi para petani imbas kenaikan harga BBM subsidi. Menurutnya, naiknya harga BBM telah membuat kehidupan para petani di daerah-daerah semakin nelangsa.

Baca Juga:

63.000 KPM di Kota Solo Terima BLT BBM

"Efek domino kenaikan BBM jelas berpengaruh terhadap Harga Pokok Produksi (HPP) petani dan tentu saja petani semakin berat menghadapi kondisi semacam ini," kata Wachid kepada wartawan, Kamis (8/9).

"Kenaikan BBM membuat para petani menjerit bapak presiden," imbuh anak buah Ketum Gerindra Prabowo Subianto ini.

Wachid mengungkapkan, yang lebih memprihatinkan pasca kenaikan harga Pertalite dan Solar para petani kebingungan menghadapi kondisi yang semakin kompleks. Mereka disebut tidak tahu harus mengadu ke siapa akan nasibnya.

"Petani padi, tebu, sayuran nelayan, tambak dan lain-lain mereka hidup di desa-desa pinggir laut di gunung-gunung. Jauh dari para elite dan tidak tahu cara menyuarakan jeritan hatinya," ujarnya.

Saat ini saja, kata Wachid, harga BBM jenis Solar yang sering dipakai para petani untuk mengolah kebun dan berlayar di laut langsung naik tinggi.

Baca Juga:

Harga Minyak Dunia Jatuh, PKS Minta Pemerintah Batalkan Kenaikan BBM

"Dari harga semula Rp 5,150 liter naik Rp 1.650 liter menjadi Rp 6.800 liter, jelas sangat memberatkan para petani," tegas dia.

Menurut dia, kenaikan harga BBM memberatkan beban biaya sarana produksi. Upah buruh tani dan biaya angkut juga akan naik. Kemudian beban biaya hidup, harga pupuk dan obat-obatan juga akan ikut naik.

"Sedangkan di petani harga tidak ikut naik, bahkan kadang kalau harga di petani naik sedikit saja sudah ribut di media, seakan-akan petani tidak boleh mendapatkan keuntungan," tuturnya.

Ketua Bidang Produksi dan Pemasaran Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) itu meminta agar Presiden Jokowi memperhatikan nasib para petani yang terimbas kenaikan harga BBM.

"Presiden Jokowi bisa saja meluncurkan program kredit murah, pupuk subsidi disediakan yang cukup. Harga BBM di kembalikan ke harga semula, sehingga nasib para petani di desa bisa terangkat kesejahteraannya," tutup Wachid. (Pon)

Baca Juga:

Harga BBM Naik Belum Genap Sepekan, Tangki Pertamina Balongan Kebakaran lagi

#Petani #Partai Gerindra #BBM #BBM Bersubsidi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan