Gerindra Sarankan Jokowi Bentuk Zaken Kabinet Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (Foto: mpr.go.id)

MerahPutih.com - Partai Gerindra menyarankan Presiden Joko Widodo untuk membentuk menteri yang berasal dari profesional atau zaken kabinet.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menambahkan, zaken kabinet yang dimaksudnya tak harus murni profesional tetapi bisa yang berafiliasi dengan partai politik.

Baca Juga: Zaken Kabinet Jokowi, Mimpi Setengah Hati di Siang Bolong

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Foto: ANTARA

"Mustinya kalau [optimisme] tinggi berarti memiliki orang-orang yang ahli di bidang itu. Mustinya kabinet zaken, zaken kabinet tak harus dari profesional tapi dari parpol juga," jelas Muzani kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (17/8)

Menurut Muzani, partai politik juga memiliki figur profesional untuk mengisi kabinet zaken. Ia pun menyinggung soal visi energi, pangan dan air yang sempat disampaikan Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Baca Juga: Dewan Syuro PKB Punya Saran Pada Jokowi Terkait Kabinet

Visi misi terkait energi, pangan dan air memang disodorkan Gerindra kepada Jokowi dan koalisinya. Muzani mengatakan Gerindra siap menyodorkan nama-nama bila Jokowi menerima gagasan atau konsep ini.

"Beliau (Prabowo) menginginkan kemandirian di bidang energi, pangan, dan air jadi sesuatu prioritas. Pangan, air, dan energi sesuatu fundamen, yang vital bagi bangsa. Kalau ini dianggap penting maka Pak Prabowo menyodorkan beberapa nama, tapi kalau dianggap yang mungkin belum prioritas, kami agak susah," ujar Muzani.

Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Sri Narendra dan Gibran Rakabuming Raka menjelang Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2019) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)
Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Sri Narendra dan Gibran Rakabuming Raka menjelang Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2019) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Baca Juga: Wapres Jusuf Kalla Sarankan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Kolaborasi Parpol dan Profesional

Muzani menuturkan, Presiden Jokowi saat berpidato pada Sidang Bersama DPR dan DPD memperlihatkan optimisme yang tinggi.

"Mestinya kalau (optimisme) tinggi berarti memiliki orang-orang yang ahli di bidang itu," kata Muzani. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH