Gerindra: OK OCE Tak Kurangi Pengangguran

Thomas KukuhThomas Kukuh - Selasa, 03 April 2018
Gerindra: OK OCE Tak Kurangi Pengangguran
Ilustrasi: OK OCE Mart.

MerahPutih.com - Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarat menyebut program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE) yang diandalkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tidak akan mampu mengurangi angka pengangguran di Jakarta.

"Penyediaan lapangan kerja telah diakomodir oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam program OKE OCE dan pelatihan kerja di Dinas Tenaga kerja. Gerindra yakin bahwa program di atas belum akan bisa menampung usia produktif tersebut. Untuk itu Fraksi Gerindra meminta kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk lebih concern," ujar Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DKI Jakarta Fajar Sidik dalam rapat paripurna penyampaian pendapat RPJMD di ruang rapat DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (2/4).

sandiaga
Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno penggagas OK OCE. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Lanjut Fajar, Pemprov DKI jangan terpusat kepada program OK OCE saja, sehingga tak memikirkan cara untuk mencari ide yang lain. Sementara itu, Fajar menuturkan data pengngguran di Ibu Kota Jakarta mencapai 7,14 persen. Hal tersebut dinilai lebih tinggi dari rata-rata nasional yang hanya 5,5 persen. "Dari tahun ke tahun berdasarkan data jumlah pengangguran di DKI Jakarta, pada Agustus 2017 mencapai 346.940," tuturnya

Hal itu berdasarkan data usia produktif yang banyak menganggur di setiap tahunnya. Salah satu faktor tingginya pengangguran karena banyaknya pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan angka mahasiswa yang lulus tak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia.

"Di DKI Jakarta setiap tahunnya terdapat ribuan siswa baik tingkat SLTA, perguruan tinggi yang telah menyelesaikan pendidikannya dan pemutusan hubungan kerja (PHK). Yang mengakibatkan jumlah pengangguran usia produktif di DKI Jakarta terus meningkat," tandasnya. (Asp)

#OK OCE
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan