Gerindra Malaysia Galang Dana Bantuan Korban Gempa Lombok Kerusakan akibat gempa Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Foto: Mora NTB

Merahputih.com - Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) Partai Gerindra Malaysia melakukan penggalangan bantuan dana untuk korban gempa yang terjadi di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Sejak pelantikan 28 Juli 2018 lalu oleh Sekjen Partai Gerindra kami langsung bergerak. Pada hari pertama kegiatan kami menggalang dana untuk gempa di Lombok," ujar Ketua DPLN Partai Gerindra Malaysia, Darsil Abd Muis di Kuala Lumpur, Minggu (19/8).

Darsil mengatakan Partai Gerindra juga langsung bergerak meluaskan jaringan ke seluruh negara bagian di Malaysia yakni di Pualau Penang, Melaka, Negeri Sembilan, Selangor, Pahang, Perak dan Johor.

"Hari pertama kami kumpulkan sumbangan di Western Digital waktu anak kilang (pabrik) pulang kerja dan di kedai-kedai di kawasan Sungai Way yang para pelanggan-nya orang Indonesia," katanya dikutip Antara.

Hari kedua, ujar dia, pihaknya mengumpulkan sumbangan di kawasan parkir KBRI Kuala Lumpur Jalan Tun Razak dan di tepi jalan mulai dari jam 09.00 pagi sampai 15.00 sore. "Kami mendapat sambutan cukup positif dari warga / TKI yang berurusan di KBRI. Kami mendapat sumbangan RM 1.800," katanya.

Bangunan roboh karena gempa Lombok
Kerusakan akibat gempa Lombok . Foto: Mora NTB

Pada hari ketiga, ujar dia, pihaknya mengumpulkan di Putra Perdana Pucong mengumpulkan sumbangan di kawasan kongsi (tempat tinggal TKI), perumahan dan penginapan pekerja kilang Unisell dan kedai-kedai di Kawasan Putra Perdana dan berhasil mengumpulkan RM 1.780.

"Hari ke empat anggota kami yang di Pahang mengumpulkan sumbangan di ladang kongsi dan TKI di kawasan Raup Pahang. Kami bisa mengumpulkan RM 1.060 dan Rp 29.000," katanya.

Selanjutnya kembali dilakukan di KBRI dan Western Digital serta mendapatkan sumbangan uang dan baju layak pakai dari para TKI. "Baju dan kain yang disumbangkan oleh TKI akan kami hantar sendiri ke Lombok bersama beberapa anggota DPLN Gerindra Malaysia," katanya.

Darsil mengatakan sumbangan yang berhasil dikumpulkan sebanyak RM10.500 atau lebih kurang Rp35.000.000. "Sumbangan akan kami belikan baju, selimut beserta kebutuhan lain. Kami tiap hari berhubungan dengan grup yang kami bentuk di Lombok terdiri dari relawan Gerindra DPLN Malaysia yang pulang kampung," katanya.

Pihaknya siap bergandeng dengan Ormas atau partai lain untuk membantu TKI dan kegiatan sosial lain-nya. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH