Gerindra: Fit and Proper Test Ada di Paripurna Pemilihan Wagub DPRD DKI Jakarta telah resmi mengesahkan tata tertib (tatib) pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. (Foto: MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - DPRD DKI Jakarta telah mengesahkan tata tertib (tatib) pemilihan wakil gubernur (wagub). Tatib wagub itu masuk dalam draf peraturan tentang tatib periode 2019-2024.

Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi Gerindra M Taufik mengatakan, fit and proper test masuk dalam salah satu poin tatib DPRD yang mengatur teknis pemilihan pengganti Sandiaga Uno tersebut.

Baca Juga:

Sempat Mandek, DPRD DKI Jakarta Sahkan Tatib Wagub

Taufik menjelaskan, berdasarkan hasil keputusan rapat pimpinan gabungan (rapimgab), proses uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan secara terbuka melalui pengajuan diskusi tanya jawab antara anggota DPRD dengan para cawagub dalam forum rapat paripurna.

“Uji kelayakan bentuknya adalah dialog, tanya jawab dalam paripurna. Dengan begitu semua bisa mengetahui kualitas dan kapabilitas masing-masing calon," kata Taufik di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (19/2).

Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik. (Foto: MP/Asropih)

Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi Gerindra M Taufik. (Foto: MP/Asropih)

Teknis uji kelayakan ini nantinya akan diatur oleh panitia pemilihan (panlih) sebelum pemilihan wagub berlangsung dalam rapat paripurna. Menurutnya, pelaksanaan tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki masing-masing calon wagub.

Baca Juga:

DPRD Sahkan Tatib Wagub DKI, Anies: Kita Tunggu Hasilnya

“Kalau fit and proper itu misalkan dari empat diambil dua, yang dua kan musti diuji lewat fit and proper test. Kalau (tanya jawab) ini akan kita uji dirinya calon wakil gubernur, jadi kita sebentar lagi punya wakil gubernur,” ungkap Taufik.

DPRD DKI telah memegang dua nama kandidat cawagub DKI. Keduanya yakni Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari PKS. (Asp)

Baca Juga:

Sebelum Rapat Paripurna Tatib Wagub, Anies Bersama Anggota DPRD Bermain Tiktok

Kredit : asropih


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH