Gerindra Dukung Wacana Pilpres dan Pileg Dipisah Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (ANTARA/Abdu Faisal/Dok)

MerahPutih.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mendukung usulan memisahkan penyelenggaraan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg).

Menurut dia, pemilu serentak memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi sehingga menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Baca Juga:

Dianggap Kaburkan Persoalan Pendidikan, Gerindra Kritik Wacana Penghapusan UN

"Kami juga mengambil kesimpulan bahwa pileg dan pilpres itu memang sebaiknya tidak dibarengi," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/12).

Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Mapolda Metro Jaya (MPKanugraha)
Caption

Menurut Dasco, Komisi II DPR juga mengagendakan revisi Undang-Undang Pemilu masuk program legislatif nasional (prolegnas). Ia pun memastikan, Partai Gerindra akan mendorong revisi UU Pemilu tersebut.

"Pada prinsipnya Partai Gerindra ikut mendukung pemisahan pileg dan pilpres tersebut," ujar Wakil Ketua DPR itu.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan beberapa rekomendasi politik yang bisa dilakukan oleh partainya selama lima tahun ke depan.

Baca Juga:

Gerindra Kaget Akun Twitter Resmi Partainya Update Status Dukung LGBT

Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Paripurna II, Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019).

Bambang Soesatyo (ANTARA/Dok)
Bambang Soesatyo (ANTARA/Dok)

Salah satu rekomendasinya yakni perubahan Undang-Undang Pemilu terkait pemisahan penyelenggaraan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg).

"Partai Golkar perlu memperjuangkan perubahan UU Pemilu, memisahkan kembali antara pileg dan pilpres serta penyempurnaan sistem pemilu yang membuka peluang bagi kemenangan Partai Golkar di dalam Pemilu," kata Airlangga. (Knu)

Baca Juga:

Gerindra Pesimistis Anggaran Jakpro Ditambah untuk Bangun Hotel TIM


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH