Gerindra Desak Pemprov DKI Permudah Warga Miliki Rumah DP 0 Rupiah Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra M Taufik (Tengah) (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta menilai saat ini ada sejumah aturan BUMD Bank DKI yang menyitkan warga Ibu Kota untuk memiliki hunian Down Payment (DP) 0 persen.

Wakil DPRD DKI Jakarta M Taufik pun meminta Pemprov DKI untuk mempermudah persyaratan bagi masyarakat DKI mendapatkan hunian tanpa uang muka itu.

Baca Juga:

Pemprov DKI Kerahkan 7000 Personel Kebersihan Kawal Malam Tahun Baru

"Dikurangi syarat-syaratnya, diperlunak lah. Kita sudah banyak mengurngi syarat-syarat untuk hal-hal lain. Misalnya perijinan dulu perijinan tempat ibadah mau bikin IMB sederet banget. Kita diskusikan potong dong segini. Akhirnya bisa saya yakin bisa," ujar Taufik di Wisma Garuda di Pondok Rangon, Jakarta Timur, Minggu (29/12).

Taufik mengakui hingga kini masih sedikit warga DKI yang menempati hunian DP 0 Rupiah, namun dia juga meyakini bahwa peminat dari program andalan Anies saat kampanye Pilkada 2017 lalu sangatlah banyak.

Gerindra berharap Pemprov DKI permudah warga miliki rumah DP 0 rupiah
Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta berharap Pemprov permudah warga miliki rumah DP 0 rupiah (MP/Asropih)

Ia pun berharap, Gubernur Anies Baswedan terus mendirikan hunian tersebut hingga target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebanyak 200 ribu rumah siap huni tercapai.

"Artinya tegas pemerintah dua , pertama bangun aja sebanyak-banyaknya. Kedua kan bumd kita bank dki ya bank DKI harus kreatif berpikir. Kongkowin itu instansi yg berwenang tadi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), ini kan buat masyarakat," papar dia.

Taufik juga menuturkan banyak warga kesulitan mendapatkan hunian tersebut karena tak lolos dalam seleksi administrasi di dalam perbankan. Rata-rata masyarakat tak lolos seleksi karena banyak cicilan lain seperti kendaraan pribadi.

"kalau saya tanya itu ketika dicek bank checking dia rata-rata udah kredit motor. Sehingga kalau dihitung untuk cover cicilan jadi tidak cukup. Ini gara-gara kredit motor sebenernya," ungkap Taufik.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Samawa Rumah DP 0 Rupiah (Samawa) jilid II di Nuansa Cilangkap yang terletak di Jalan Raya Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12).

Baca Juga:

Riza Patria Siap Mundur dari DPR Bila Ditunjuk Jadi Cawagub DKI

Proyek pembangunan hunian DP 0 Rupiah ini bekerja sama dengan empat BUMD DKI yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo dan Perumda Pasar Jaya sebagai pengembang, serta PT Bank DKI sebagai bank pelaksana.

"Kali ini kita ingin kirimkan pesan bahwa program DP nol rupiah yang dibangun merupakan fasilitas perumahan yang sehat, lingkungannya mutlak bisa menumbuhkan generasi yang sehat, yang kemudian juga mencerdaskan. Adanya fasilitas bermain, fasilitas belajar, fasilitas berinteraksi," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.(Asp)

Baca Juga:

Paham Soal Jakarta, Partai Gerindra Ajukan Riza Patria Jadi Cawagub DKI

Kredit : asropihs


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH