Gerindra Desak Jokowi Bentuk Zaken Kabinet, Begini Respons PDIP Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - PDIP menilai keinginan Partai Gerindra yang mengusulkan zaken kabinet Joko Widodo (Jokowi) diisi kalangan profesional masih dalam tahap pengkajian.

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan presiden punya hak prerogatif untuk mengangkat pembantu-pembantunya dalam suatu The Dream Team.

Baca Juga: Zaken Kabinet Jokowi, Mimpi Setengah Hati di Siang Bolong

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno
Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno

"Kami percaya presiden tetap berkomunikasi dengan ketum-ketum partai yang mengusungnya," kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Sabtu (17/8).

Hendrawan mengingatkan tak perlu membeda-bedakan orang partai dan orang nonpartai dalam kabinet. Dia menyatakan PDIP sepenuhnya mempercayakan komposisi kabinet kepada Jokowi.

"Presiden sendiri pernah menyampaikan, tak boleh ada dikotomi orang partai dan non partai. Jadi sekarang kita serahkan sepenuhnya kepada Presiden," ucapnya

Hendrawan mengatakan keberadaan sosok profesional di partai politik sudah pernah disampaikan PDIP.

Baca Juga: Jokowi Tumbalkan Ini, Kalau Sampai Tunduk Tekanan Parpol

"Pandangan yang sama sudah lama kami sampaikan. Bahwa banyak kader partai yang juga profesional, dan banyak kader nonpartai yang berperilaku bagai politisi," ujarnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra menyarankan Presiden Joko Widodo untuk membentuk menteri yang berasal dari profesional atau zaken kabinet.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menambahkan zaken kabinet yang dimaksudnya tak harus murni profesional tetapi bisa yang berafiliasi dengan partai politik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Twitter @jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Twitter @jokowi)

"Mustinya kalau [optimisme] tinggi berarti memiliki orang-orang yang ahli di bidang itu. Mustinya kabinet zaken, zaken kabinet tak harus dari profesional tapi dari parpol juga," jelas Muzani kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (17/8)

Baca juga: Pengamat Sebut Kemampuan Jokowi Dalam Memilih Menteri Tengah Diuji

Menurut Muzani, partai politik juga memiliki figur profesional untuk mengisi kabinet zaken. Ia pun menyinggung soal visi energi, pangan dan air yang sempat disampaikan Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH