Gerindra dan Partai Koalisi Sudah Sepakat Prabowo Jadi Capres Ketua DPP Bidang Politik Partai Gerindra Ahmad Riza Patria. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Partai Gerindra bersama sejumlah partai koalisinya telah sepakat untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2019.

Kesepakatan itu disampaikan langsung Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria. Menurutnya, partai koalisi telah membahas dan menentukan Prabowo sebagai capres. Namun terkait cawapres, saat ini masih dalam penggodokan koalisi.

"Di koalisi kami sudah selesai di Capres. Sekarang tinggal di Cawapres. Tapi dalam waktu tidak lama akan kami putuskan cawapresnya," kata Riza dalam diskusi Para Syndicate "The Party Forum: Siapa Cawapres Jokowi dan Prabowo?", di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (3/8).

Saat ini, parpol koalisi tinggal menggodok nama Cawapres yang akan mendampingi Prabowo.

"Koalisi pendukung Prabowo masih membahas nama-nama yang diusulkan partai koalisi, baik itu dari Partai Demokrat, PKS, maupun PAN," tuturnya.

Ahmad Riza Patria dan Fadli Zon
Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria dan Fadli Zon. Foto: @arizapatria_

Selain itu, koalisi pendukung Prabowo juga mempertimbangkan keputusan Ijtima ulama yang sudah memberikan usulan nama sosok Cawapres pendamping Prabowo, yakni Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri dan Ustad Abdul Somad.

Menurut Riza Patria sebagaimana dilansir Antara, dari nama-nama yang beredar, PKS menyiapkan sedikitnya sembilan nama, dari PAN empat nama dan dari Partai Demokrat ada beberapa nama. Seluruh nama yang diusulkan dibahas secara bersama-sama di rapat internal koalisi pendukung Prabowo.

"Nama-nama yang beredar dari PKS menyiapkan sembilan, PAN ada empat. Dari demokrat ada beberapa. Tapi alhamdulillah sudah mengerucut, ada satu nama AHY dari Demokrat, PAN ada Zulkifli Hasan dan ada juga usulan ijtima ulama," paparnya.

Ia membantah adanya kekhawatiran dari PKS dan PAN pasca bergabungnya Partai Demokrat karena Prabowo menganggap usulan cawapres parpol merupakan hal yang biasa dimana setiap partai pasti akan memperjuangkan kader-kader terbaiknya.

"Semua partai pasti akan memperjuangkan kader-kader terbaiknya. Namun, tentu akan dilihat kembali peta koalisinya seperti apa," pungkas Riza Partia.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Gubernur Ganjar Pranowo Sesalkan Tukang Fitnah Jadi Profesi Baru



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH