Gerindra Ajukan Penangguhan Penahanan untuk Bebaskan Eggi Sudjana Fadli Zon menjenguk Eggi Sudjana. (MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Sama seperti Lieus Sungkarisma dan Mustofa Nahrawardaya, tersangka kasus pemufakatan makar Eggi Sudjana juga berharap agar bisa bebas dari jeruji besi.

Untuk mewujudkan hal itu, Waketum Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengajukan penangguhan penahanan untuk Eggi Sudjana.

"Saya menyusul memberikan surat jaminan untuk Bang Eggi Sudjana dan akan segera diproses oleh penyidik sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. Mudah-mudahan bisa segera menyusul kawan-kawan yang lain yang sudah keluar dari tahanan," ujar Dasco kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (4/6).

Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Mapolda Metro Jaya (MP/Kanugraha)
Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Mapolda Metro Jaya (MP/Kanugraha)

Ia mengaku belum mengetahui kepastian jawaban atas permohonan penangguhan penahanan Eggi Sudjana.

"Nanti kapan keluarnya itu tergantung kewenangan penyidik, dengan harapan bisa secepatnya," kata Dasco.

Sementara itu, pengacara Hendarsam Marantoko mengatakan pengajuan penangguhan penahanan masih ditindaklanjuti.

"Keluarga sudah berkoordinasi dengan kita untuk supaya bang Eggi bisa dikabulkan permohonan penangguhannya. Tinggal artinya nanti kita lihat penjaminnya siapa, kemungkinan besar penjaminnya Pak Dasco sama seperti Mustofa dan Lieus, kita lihat prosesnya seperti apa," kata dia.

Keputusan menangguhkan penahanan disebut Hendarsam merupakan keputusan normatif penyidik. Karena itu, Hendarsam ingin agar permohonan dikabulkan.

"Enggak ada sebenernya (yang mempersulit penangguhan penahanan), saya lihat itu diskresi penyidik. Karena penangguhan itu masalah diskresi keyakinan penyidik apakah unsurnya dipenuhi atau enggak. Jadi lebih ke arah situ," katanya.

Sebelumnya, Lieus dan Mustofa ditangguhkan penahanannya, Senin (3/6). Keduanya dianggap kooperatif dan tak berpotensi melarikan diri. (Knu)

Baca Juga: Dapat Penangguhan Penahanan, Mustofa dan Lieus Bisa Ditangkap Lagi



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH