Lebaran 2019

Gereja Katedral Siapkan Kantong Parkir untuk Jemaah Salat Id di Masjid Istiqlal

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 05 Juni 2019
 Gereja Katedral Siapkan Kantong Parkir untuk Jemaah Salat Id di Masjid Istiqlal
Gereja Katedral Jakarta (MP/Yohanes Abimanyu)

MerahPutih.Com - Gereja Katedral Jakarta menyediakan sejumlah lahan parkir gereja bagi jemaah muslim yang menunaikan Salat Id di Masjid Istiqlal.

Pengurus DPP Gereja Katedral yang diwakili anggota Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan, Fendi Buda menyatakan pihaknya sudah menyiapkan kantong parkir yang ada di kompleks salah satu gereja tertua di Jakarta ini.

"Pukul 4 subuh nanti sudah mulai dibuka bagi umat muslim yang akan Salat Id di Istiqlal," ujar Fendi Buda, di Jakarta Pusat, Selasa (4/6).

Ia mengatakan kapasitas area parkir di dalam Katedral mampu menampung hingga 100 mobil dan ratusan sepeda motor. Area parkir ini memang kerap diberikan Gereja Katedral pada hari raya, baik Idulfitri dan Idul Adha.

Menurut Fendi, dibukanya fasilitas parkir untuk umat muslim yang akan merayakan hari raya bukanlah yang pertama kalinya. Setiap agenda besar keagamaan, antara Istiqlal dan Katedral selalu saling membantu.

Masjid Istiqlal Jakarta
Masjid Istiqlal. (MP/Dery Ridwansah)

"Setiap tahun kita gantian kalau Natal kita ikut parkir di sana (Istiqlal), kalau Idul Fitri di sini," kata dia.

Nantinya, ratusan personil baik dari pihak Gereja maupun Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) akan menjaga di sekitar gereja untuk menjaga keamanan serta merawat keharmonisan antarumat beragama.

Aparat kepolisian pun akan sama-sama membantu menjaga baik di dalam maupun di luar area gereja.

"Ini sebagai simbol kerukunan antarumat beragama dan ini harus terus dirawat," terang Fendi sebagaimana dilansir Antara.

BACA JUGA: Menag Lukman Hakim Saifuddin: Idul Fitri Momentum Pereratkan Persaudaraan

Ucapkan Selamat Hari Raya, Presiden Jokowi: Idul Fitri Harus Jadi Ajang Pererat Persatuan

Sebelumnya, Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan pihak masjid menyediakan empat alternatif kantong parkir bagi jemaah Salat Id yaitu Gereja Katedral, Lapangan Banteng, kantor Kementerian Agama dan Hotel Borobudur.

Abu menyebutkan langkah ini merupakan antisipasi terkait adanya renovasi pada sebagian area parkir masjid hingga tidak bisa digunakan.(*)

#Salat Id #Masjid Istiqlal #Gereja Katedral #Idul Fitri #Idul Fitri 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan