Kesehatan

Gerd Kerap Kambuh? Coba Ganti Makananmu

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 19 November 2021
Gerd Kerap Kambuh? Coba Ganti Makananmu
Makanan sehat untuk mencegah dan mengatasi Gerd. (Foto: Unsplash/JuanJose)

Gastroesophageal reflux atau Gerd adalah kondisi yang memengaruhi sebuah pencernaan. Ketia Gerd kambuh, tubuh akan terasa tidak nyaman dan timbul nyeri, bahkan sensasi terbakar di dada. Jika refluks asam dan heartburn atau asam lambung naik lebih dari dua kali seminggu, seseorang bisa dikategorikan memiliki Gerd. Kondisi ini akan menjadi semakin buruk ketika kamu overweight, sedang mengandung, dan memiliki diabetes.

Menurut laman Healthline, mencegah peningkatan Gerd dapat dilakukan dengan mengganti pola hidup menjadi lebih sehat dan teratur. Misalnya, hindari rebahan setelah makan. Disarankan juga untuk makan dalam jumlah sedikit tapi sering, menggunakan pakaian yang longgar, menurunkan berat badan, dan mengurangi merokok.

Baca juga:

Apa Itu GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)?

Selain itu, pola hidup sehat tersebut juga dapat dilakukan dengan mengganti makanan yang dikonsumsi. Makanan-makanan yang cenderung lebih menyehatkan dan aman untuk pengidap Gerd.

1. Nasi Jagung

Gerd Kerap Kambuh? Coba Ganti Makananmu
Jagung memiliki serat tinggi dan karbohidrat yang baik. (Foto: Unsplash/PhoenixHan)

Jagung merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat dan zat karbohidrat baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Sehingga dengan mengkonsumsi nasi jagung setidaknya akan membantu mencegah GERD yang memburuk, dan hidup menjadi lebih sehat.

2. Nasi Merah

Gerd Kerap Kambuh? Coba Ganti Makananmu
Nasi merah baik untuk dikonsumsi pengidap asam lambung. (Foto: Unsplash/CharlesKoh)

Nasi merah juga bisa menjadi makanan pengganti, jika kamu tidak suka makan jagung. Selain mengurangi risiko diabetes dan menjaga berat badan, nasi merah dapat mencegah peningkatan asam di lambung. Nasi merah lebih kaya akan serat dan nutrisi dibanding nasi putih, sehingga baik dikonsumsi pengidap asam lambung.

3. Biji-bijian

Gerd Kerap Kambuh? Coba Ganti Makananmu
Biji labu utuh sebagai cemilan sehat. (Foto: Unsplash/Chuttersnap)


Chia seed, pumpkin seed, dan flaxseed baik dikonsumsi untuk pengidap gerd sebagai cemilan. Orang dengan Gerd harus menghindari perut kosong, harus makan sesering mungkin dalam sehari meski porsinya sedikit. Ketika keadaan perut kosong, itu akan memicu kondisi pencernaan lain selain naiknya asam lambung.

Baca juga:

Cegah GERD dengan 5 Cara Ini

4. Sayuran

Gerd Kerap Kambuh? Coba Ganti Makananmu
Kentang jadi alternatif nasi. (Foto: Unsplash/LarsBlankers)

Mengonsumsi sayuran terbukti penting bagi kesehatan. Namun, untuk penderita asam lambung harus hati-hati dalam memilih sayuran. Terdapat sayuran yang perlu dihindari, termasuk tomat, paprika, dan bawang. Sayuran yang memiliki kandungan asam dan rasa pedas harus dihindari.

5. Buah-Buahan

Gerd Kerap Kambuh? Coba Ganti Makananmu
Pisang cemilan sehat untuk menjaga agar perut tidak kosong. (Foto: Unsplash/BrettJordan)

Sama seperti sayur, buah yang rasanya asam harus dihindari pengidap gerd. Karena dapat memicu naiknya asam lambung, terlebih untuk orang dengan Gerd. Buah-buah seperti jeruk, stroberi, lemon, dan nanas sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya semangka, melon, pir, dan pisang bisa jadi pilihan. (Cil)

Baca juga:

Minuman Sehat Pereda Asam Lambung

#Kesehatan #Tips Kesehatan #Info Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan