Geram Setnov Plesiran, Pemerintah Kebut Bangun Lapas Koruptor di Pulau Kosong

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 17 Juni 2019
Geram Setnov Plesiran, Pemerintah Kebut Bangun Lapas Koruptor di Pulau Kosong
Terpidana korupsi e-kTP Setya Novanto saat berplesiran di Padalarang (Net)

MerahPutih.com - Menkopolhukam Wiranto dibuat geram dengan adanya aksi plesiran terpidana korupsi proyek e-KTP Setya Novanto alias Setnov. Saking kesalnya, Wiranto memerintahkan akan pembangungan lapas khusus koruptor di pulau tak berpenghuni segera direalisasikan.

"Kita kan sudah ada 17 ribu pulau, yang baru dihuni 11 ribu pulau. Masih ada 6 ribu pulau yang enggak dihuni. Kalau di pulau kan gak bisa cuti, gak bisa ngelayap. Masa mau berenang, kan gak bisa," kata Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (17/6).

Baca Juga: Ketahuan Plesiran di Padanglarang, Setnov Dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur

Menkopolhukam menjelaskan lapas yang kini biasa menampung koruptor berada di tengah kota sehingga mudah untuk keluar-masuk. Bahkan, kata dia, tidak menutup kemungkinan para tahanan dapat melakukan transaksi ilegal secara bebas di dalam lapas.

"Cipinang Sukamiskin. Lapas itu dekat dengan aktivitas publik. Maka banyak yang bolos dan keluar, transaksi narkotika. Lempar-lemparan bisa," imbuh Wiranto.

wiranto
Menkopolhukam Wiranto. (MP/Kanugrahan)

"Oleh karena itu kembali tadi, tatkala lapas-lapas kita sudah over kapasitas, pemikiran ke sana sudah kita lakukan. Sudah kita rapatkan bahkan. Tentu tinggal menunggu proses nanti," tutup pendiri Partai Hanura itu.

Baca Juga: Ditjen PAS Bakal Beri Sanksi Tegas Petugas yang Lalai Jaga Setnov

Setnov beberapa kali berada di luar Lapas Sukamiskin tempat mantan Ketum Golkar itu menjalani masa hukumannya. Setelah terlihat menikmati nasi padang di sekitar RSPAD Gatot Soebroto beberapa waktu lalu, kini Setnov kembali plesiran di Padalarang, Bandung Barat.

Sebelum kepergok pelesiran, mantan Ketua DPR RI tersebut menjalani perawatan karena penyakit yang dideritanya di Rumah Sakit Santosa Bandung sejak 12 Juni 2019. Akibat plesiran tersebut, Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat langsung memindahkan Setnov dari Lapas Sukamiskin di Kota Bandung ke Lapas Gunung Sindur di Bogor. (Knu)

Baca Juga: Terkuak Modus Setnov Kelabui Petugas Lapas Sukamiskin untuk Pelesiran

#Setya Novanto
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan