Musik

Gerald Situmorang Rilis EP 'Saga'

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 13 Juni 2021
Gerald Situmorang Rilis EP 'Saga'
Gerald Situmorang rilis EP baru. (foto: instagram @geraldsitumorang)

SETELAH dua tahun berlalu dari dirilisnya album 'Meta' buah kolaborasi dengan Sri Hanuraga serta album Pikiran dan Perjalanan yang dibuat bersam Barasuara, Bassist Barasuara Gerald Situmor kembali melahirkan sebuah karya baru.

Karya tersebut yakni sebuah EP Bertajuk Saga. EP tersebut berisikan tiga buah lagu, di mana lagu pertama diluncurkan, Jumat (11/6).

Baca Juga:

Kolaborasi Diskoria, Fleur!, dan Tara Basro Hadirkan Lagu 'Suara Disko'

Nantinya, perilisan EP Saga akan dilakukan selama tiga pekan berturut-turut. Setiap pekannya akan ada satu single yang diperkenalkan kepada publik. Kemudian lagu berikutnya akan diluncurkan pada 17 dan 25 Juni 2021.

Lagu pertama dari EP Saga berjudul 'Tapak Tilas' (Foto: instagram @geraldsitumorang)

Lagu pertama dari EP Saga berjudul Tapak Tilas. Lagu pembuka ini merupakan sebuah gambaran personal dari GeSit, panggilan akrab Gerald Situmorang, sepeninggal sang nenek. Seperti yang dilansir dari laman Antara, Gerald mengisahkan dirinya telah kehilangan sang nenek tahun ini.

Kisah-kisah perjuangan kakek dan nenek yang berjuang pada masa perang hingga bisa menghidupi keluarganya, kerap ia dengar ketika kumpul keluarga.

Kakek Gerald merupakan Brigadir Jenderal TNI AD yang meninggal dunia di usia 42 tahun pada 1960. Dia meninggalkan seorang istri dan lima orang anak.

Saat itu nenek Gerald masih berusia 27 tahun, dan harus menghidupi lima orang anaknya seorang diri.

"Bahkan ibu saya juga masih di kandungan pada saat itu, jadi tidak sempat berjumpa dengan ayahnya," kata Gerald, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Baca Juga:

Piyu Dedikasikan Lagu 'Dissolve' untuk Dendy Mike's

Pada proses produksinya, pembuatan lagu Tapak Tilas itu Gerald tak seorang diri, melainkan dibantu oleh Marco Steffiano, drummer grup band Barasuara.

Pada penggarapan lagu tersebut, Sri Hanuraga mengisi bagian piano/synth, Rishanda Singghi pada bass, dan Yandi Andaputra pada drum.

Selain itu, terdapat pula seorang musisi tamu spesial dari India, yakni Faiman Khan. Dia memainkan alat musik santoor pada single berikutnya.

Pada sisi audio engineer, yang mengurusnya yaitu Stevano selaku Mix engineer dan mastering engineer legendaris Ted Jensen.

Sementara dari sisi artwork khususnya pad gambar, Gerald menggandeng Rukmunal hakim. Untuk foto, dikerjakan oleh Jatidiri Ono, dan tata gaya dihandel oleh Melodya Lukita. (Ryn)

Baca Juga:

Buktikan Eksistensi, Ungu Rilis Lagu 'Setelah Kau Pergi'

#Musik #Musik Indonesia #Gerald Situmorang #Barasuara #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan