Teknologi

Gerakan Sosial Makin Efektif Lewat Inovasi Teknologi

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Minggu, 07 Maret 2021
Gerakan Sosial Makin Efektif Lewat Inovasi Teknologi
Gerakan Baik berfokus pada beberapa bidang utama. (Foto: Unsplash/Katt Yukawa)

UMG Idealab menginisiasi kampanye sosial daring dengan mendirikan platform Gerakanbaik.com. Peluncuran gerakan ini bertujuan untuk mewadahi gerakan sosial dengan mempertemukan ide inisiator, dukungan partner, dan peran partisipan demi kemajuan bangsa Indonesia.

Menurut berita pers yang diterima merahputih.com, Gerakan Baik berfokus pada beberapa bidang utama, yakni bidang kesehatan, ketahanan pangan, kemajuan teknologi informasi, dan penciptaan lapangan kerja. Meski begitu, Gerakan Baik terbuka terhadap berbagai inisiasi gerakan yang dapat membantu Indonesia sejahtera, contohnya membantu korban bencana alam.

Baca juga:

Kolaborasi HDI dan Benih Baik untuk Pendidikan Anak Panti Asuhan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 532 bencana alam melanda Indonesia selama periode 1 Januari sampai 20 Februari 2021. Disebutkan juga warga yang terpaksa mengungsi akibat bencana alam mencapai 2.782.350 jiwa. Tingginya angka bencana alam yang terjadi di Indonesia tentunya memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

Gerakanbaik.com memiliki misi menyejahterakan Indonesia. (Foto: Istimewa)

Managing Partner UMG IdeaLab, Kiwi Aliwarga menilai antusiasme masyarakat untuk membantu sesama sebenarnya cukup tinggi. Namun, terkendala pada wadah dan bagaimana cara mengimplementasikan niat baik tersebut. "Gerakanbaik.com terbuka untuk semua ide kegiatan yang positif, termasuk membantu korban bencana," ujar Kiwi.

Ada tiga peran yang dapat dijalankan platform ini seperti Inisiator, Partner, dan Partisipan. Inisiator dapat berupa pemerintah, perusahaan, LSM, maupun individu untuk menginisiasi gerakan atau kampanye sosial baru yang dapat bermanfaat bagi kepentingan bersama.

Baca juga:

Cerdas Menghadapi Virus Corona dengan Aplikasi Kesehatan

Ada tiga peran yang bisa dijalankan dalam menggunakan platform ini. (Foto: Unsplash/Joel Muniz)

Dukungan sebuah gerakan akan dilakukan oleh Partner, baik berupa barang maupun tempat. Sementara, peran Partisipan adalah menjadi sukarelawan dalam sebuah gerakan. Peran yang dipilih peserta pun tidak terbatas pada satu peran saja melainkan bisa ketiganya.

Ke depannya, tidak menutup kemungkinan UMG IdeaLab akan memfasilitasi penggalangan dana di platform ini. Kiwi mengatakan UMG IdeaLab akan terus berkomitmen untuk membantu memajukan Indonesia. Ia dan pihaknya sedang berupaya mengembangkan wadah satu pintu dalam perkembangan Gerakanbaik.com.

"Sehingga bukan tidak mungkin ke depannya Gerakanbaik.com menjadi social one-stop crowdfunding platform," tutup Kiwi. (ikh)

Baca juga:

Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation Terbitkan Pedoman Penanganan COVID-19

#Teknologi #Aksi Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan