Gerakan Bersih dan Senyum Habiskan Anggaran Rp200 Juta

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 26 November 2015
Gerakan Bersih dan Senyum Habiskan Anggaran Rp200 Juta
Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli (Foto Antara/Sigid Kurniawan)

MerahPutih Peristiwa - Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya menggelar program  "Gerakan Budaya Bersih dan Senyum" (GBS) di Rusunawa Marunda, Jakarta Utara. Program yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ini menelan anggaran Rp200 juta. 

"Total anggaran kurang lebih 200 juta untuk yang pilot project," kata Deputi Budaya Maritim Safri Burhanuddin di Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (26/11).

"Nanti anggarannya untuk konseling supaya mereka mau menerima. Lalu untuk pembinaan masyarakat di daerah situ (Marunda). Jadi, untuk anak-anak sekolah kita ajarkan mereka, dan mereka kita buatkan kelompok-kelompok. Di mana kelompoknya nanti akan dinilai, yang nilai mereka sendiri," jelasnya.

Selanjutnya, sekira 2-3 bulan ke depan atau bulan Januari atau Maret, akan dilihat perkembangannya. 

Rencananya, GBS juga akan diberlakukan di 10 tempat pariwisata yang akan dikembangkan seperti Danau Toba, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo, Flores, Labuan Bajo, Lombok Selatan, dan Raja Ampat. Namun untuk pendanaannya dikucurkan dari perusahaan atau pemerintah daerah (pemda) terkait.

GBS dirancang sebagai gerakan nasional ini bertujuan untuk menanamkan kembali "budaya bersih" dalam kepribadian dan lingkungan, serta "senyum" yang memiliki budaya ramah, toleran, dan saling menghargai.

Selain itu, kegiatan ini seiring dengan upaya pemerintah untuk menarik kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019. (rfd)

BACA JUGA

  1. Rizal Ramli Canangkan Budaya Bersih dan Senyum
  2. Pembelaan Habib Rizieq Perihal 'Sampurasun' Jadi 'Campur Racun'
  3. DPP FPI Ingatkan Umat Islam Jangan Mau Diadu Domba
  4. Ustaz Sobri Arshad: Habib Rizieq Tidak Plesetkan Sampurasun
  5. Tanggal 27 November Buruh Yogyakarta akan Mogok Nasional
#Rizal Ramli #Menko Kemaritiman
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan