Gerak Cepat Bantu Korban Gempa Lombok

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 09 Agustus 2018
Gerak Cepat Bantu Korban Gempa Lombok
Tim McDonald’s Indonesia menyerahkan bantuan kepada Yayasan Peduli Anak, Desa Langko, Lombok Barat. (Foto: istimewa)

GEMPA berkekuatan 7 pada skala Richter mengguncang Pulau Lombook dan sekitarnya. Hingga hari ini, gempa susulan masih terjadi. Sebanyak 300 orang meninggal dalam musibah ini dan lebih dari 1.000 orang mengalami luka-luka. Tak hanya korban jiwa, bangunan serta infrastruktur pun mengalami kerusakan. Hal itu mempersulit dalam memberikan bantuan kepada korban bencana, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pokok, yakni pangan, sandang, dan obat-obatan.

Melihat kondisi tersebut, McDonald’s Indonesia langsung terjun ke lokasi dengan mengunjungi posko dan pusat-pusat penampungan pengungsi. Bersama tim PT Sinar Sosro yang membawa bantuan berupa air mineral dan minuman teh kemasan, tim McDonald’s Indonesia yang dipimpin Associate Director of Communication Sutji Lantyka mengunjungi beberapa lokasi pengungsian guna memberikan paket makanan.

Hingga hari ini tim McDonald’s Indonesia masih berkeliling ke pusat-pusat penampungan pengungsi untuk memberikan bantuan secara langsung, terutama di daerah-daerah yang terkena dampak gempa paling parah, seperti Kecamatan Pemenang dan Kecamatan Tanjung di Lombok Utara, dan Kecamatan Sembalun di Lombok Timur.

“Kami sangat berduka atas terjadinya bencana gempa bumi di Lombok. Saat ini, kami fokus membantu para korban yang memiliki akses terbatas terhadap makanan. Sebanyak lebih dari 5.000 paket makanan kami distribusikan kepada para pengungsi," ujar Sutji Lantyka dalam keterangan pers yang diterima Merahputih.com. Sutji berharap bantuan dari McDonald's dapat meringankan beban par akorban gempa.

McDonald’s Indonesia menyerahkan sumbangan makanan untuk korban gempa bumi Lombok di Pemenang, Lombok Utara. (foto: istimewa)

Selain mengunjungi lokasi penampungan korban gempa, tim McDonald’s Indonesia juga mengunjungi tempat pengungsian para karyawan McDonald’s yang terkena dampak langsung. McDonald’s memang memiliki dua gerai yang berada di Mataram & Cilinaya Lombok. Pada saat kejadian, seluruh karyawan dan konsumen yang tengah berada di kedua restoran langsung dievakuasi. “Bagi kami di McDonald’s Indonesia, keselamatan karyawan dan konsumen merupakan hal utama. Pada saat terjadi hal-hal seperti bencana alam kami sudah memiliki standar keselamatan baku untuk karyawan dan konsumen," jelasnya. Sebagai bentuk kepedulian kepada karyawan, Sutji mengatakan McDonald's akan membantu para karyawan yang rumahnya rusak sedang hingga parah. Bentuk bantuan yang diberikan mulai dari makanan, uang tunai, dan pemenuhan kebutuhan lainnya.

Selain langsung menjangkau ke posko pengungsi, restoran makanan saji cepat ternama di Indonesia ini juga memberikan bantuan langsung berupa paket makanan dan minuman kepada Yayasan Peduli Anak Lombok. Yayasan Peduli Anak Lombok merupakan yayasan yang fokus mengurus anak-anak telantar. Sebanyak 80 anak dan 20 pengurus serta relawan di yayasan tersebut terpaksa tidur di tenda setelah bangunan yang mereka tempati di Desa Langko, Lombok Barat, rusak akibat gempa.
“Kami masih akan terus mengirimkan bantuan makanan selama masyarakat Lombok masih membutuhkan,” tutup Sutji.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan