Geopark Ciletuh dan Gunung Rinjani Ditetapkan UNESCO Sebagai Geopark Dunia Geopark Ciletuh (Instagram/humas_jabar)

ADA hal yang cukup membanggakan bagi masyarakat sukabumi. Pasalnya, kini Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP), Sukabumi telah diakui oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan kalau GCP adalah geopark di Indonesia yang paling cepat diakui dunia. Sebenarnya banyak lokasi di Indonesia bahkan negara lain yang mengajukan diri sebagai Geopark dunia. Namun rata-rata menempuh waktu lama sekitar 10 tahun.

"Hanya kurun waktu tidak lebih dari tiga tahun Geopark Ciletuh Palabuhanratu menjadi diresmikan UNESCO menjadi global geopark atau geopark dunia," katanya di Sukabumi, Senin (16/4) seperti diberitakan Antara.

Atas pengakuan tersebut, kini Sukabumi telah memiliki objek wisata baru yang diakui dunia. "Kami sangat bangga dengan ditetapkanya Geopark Ciletuh Palabuhanratu menjadi global geopark dan tentunya tidak menyangka bisa secepat ini," tambahnya.

Namun, bukan hanya Ciletuh saja yang ditetapkan UNESCO, Gunung Rinjani juga telah diakui sebagai geopark dunia pada sidang Unesco Executive Board, Kamis (12/4) di Paris.

nice to meet you Mt.Barujari #barujari #rinjani #lombok

A post shared by Busaban D. (@sequenze) on

One of my proudest moments. #rinjani #theshits #lombok #backpacking #indonesia

A post shared by Harald Eiker Berg (@haraldeikerberg) on

Rinjani via Timbanuh...hahh?? yapsss..Timbanuh Sebenernya ini adalah salah satu jalur resmi pendakian Gunung Rinjani, yaa..walaupun belum "hits" seperti sembalun dan senaru, atau bahkan torean yg notabene bukan jalur resmi. Tapi jalur yg satu ini menyuguhkan view puncak Rinjani dari sudut pandang berbeda, yg menurut gw kerennnn banget dan sabananya salah salah satu yg terbaik yg pernah gw lihat. Oke, jujur 5jam pertama di jalur ini gw sempet berpikir "njing! ngapain gw lewat jalur ini." jalur hutan yg rapat, jalan setapak yg sempit, bahkan terkadang hilang tertutup semak membuat gw pengen balik kanan. sumpah bosenin banget jalurnya di 5jam pertama! tapi setelah itu..damn!! gw nyesel banget kenapa harus tektok dan gk camp ditempat ini! view yg aduhai, sumber air berlimpah, spot foto "hits" dimana2. arghhhhh....gw harus balik ketempat ini! taken w/ #SonyA5000 talent: @ziccohudyoro #timbanuh #rinjani #mountains #climbing #hiking #travel #journey #adventure #wilderness #wanderlust #nature #sky #landscape #livefolk #instagood #indotravellers #indonesia #wonderful_places #exploreindonesia #enjoyindonesia #exploregunung #instagunung #id_pendaki #mountainesia #urbanhikers

A post shared by brian pramudya (@brianpramudya) on

"Terima kasih juga kepada seluruh kepala daerah yang terkait dengan Geopark Rinjani dan seluruh masyarakat NTB yang berusaha berdoa dan kegiatan untuk bisa mendukung upaya kita menjadikan Rinjani menjadi bagian Geopark Rinjani," kata Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, seperti diberitakan Antara.

Belum lama ini UNESCO sendiri telah mengesahkan 12 geopark dari 11 negara. Dari 12 geopark, dua diantaranya ada di Indonesia yakni Ciletuh dan Gunung Rinjani. (*)

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH