Generasi Terbaru BMW Seri 5 Rakitan Indonesia, Lihat Ulasannya BMW Seri 5 generasi ketujuh tipe Luxury Line dirakit di dalam negeri. (Foto: BMW Group Indonesia)

SEJAK pertama diluncurkan tahun 1972, BMW Seri 5 berhasil membukukan total penjualan sebanyak 7,9 juta unit. Model ini merupakan satu di antara sedan bisnis terlaris dunia, yang mengedepankan inovasi teknologi, desain, kedinamisan, efisiensi, dan kenikmatan berkendara.

Generasi ketujuh BMW Seri 5 ini belum lama diluncurkan secara resmi di Indonesia, tepatnya pada Rabu (12/7). Hadir dalam dua varian, yakni All-new BMW 530i Luxury Line dan All-new BMW 530i M Sport, generasi terbaru ini pertegas dominasi BMW di segmen sedan bisnis premium. Yang menarik, salah satu variannya, yaitu tipe 530i Luxury Line, diproduksi sendiri di Indonesia oleh BMW Production Network 2 di Sunter, Jakarta Utara.

Selain rakitan lokal, apa hal baru lainnya dari BMW Seri 5 generasi ketujuh ini? Berikut ulasannya.

1. Bobot lebih ringan

bmw seri 5
Konsep desain BMW EfficientLightweight tingkatkan penggunaan aluminium dan baja berkekuatan tinggi, memangkas berat hingga 100 kg dibanding generasi sebelumnya (Foto: BMW Group Indonesia)

"All-new BMW Seri 5 generasi ketujuh ini hadir dengan dimensi lebih luas, namun dengan pengurangan bobot hingga 100 kg. Hal ini memungkinkan peningkatan performa dan penghematan bahan bakar secara bersamaan," ujar Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia. Bodi ringan, didukung desain baru sasis bergravitasi rendah, membuat distribusi beban merata dan berkendara jarak jauh lebih nyaman.

2. Efisiensi bahan bakar

mesin bmw
Mesin baru lebih bertenaga, dengan efisiensi tinggi dan emisi rendah. (Foto: BMW Group Indonesia)

Dengan transmisi otomatis Steptronic delapan percepatan, All-new BMW 530i dapat melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 6.2 detik. Kendaraan ini juga memiliki efisiensi bahan bakar tingkat tinggi dan ramah lingkungan. Konsumsi bahan bakarnya 18.2 km per liter dan emisi karbon dioksida 126 g/km.

3. Kunci dilengkapi layar tampilan

BMW Display Key
Kunci mobil dengan layar sentuh menampilkan status kendaraan dan dapat mengoperasikan sejumlah fungsi kendaraan dari jarak jauh. (Foto: BMW Group Indonesia)

Salah satu inovasi unggul dari All-new BMW Seri 5 ini adalah BMW Display Key, kunci mobil dengan layar tampilan. Berbagai data status kendaraan dan pengoperasian fungsi dimungkinkan melalui layar sentuh yang terintegrasi. Pengguna dapat memeriksa status bahan bakar, jarak tempuh, status sistem penguncian sentral, jendela samping dan atap, hingga mengontrol AC dari luar mobil.

4. Teknologi parkir pintar

BMW Seri 5
Teknologi self-parking memungkinkan kontrol penuh secara otomatis pada pedal gas, rem, dan tuas transmisi. (Foto: BMW Group Indonesia)

Menemukan lokasi dan bermanuver jadi lebih mudah dengan fitur Park Assist. Ruang parkir potensial dalam radius 1,5 m dari mobil dapat terdeteksi, jika mengendara dengan kecepatan di bawah 33 km/jam. Setelah menemukan tempat yang sesuai, pengemudi dapat menekan tombol Park Assist di konsol tengah untuk memulai proses self-parking, di mana mobil dapat bergerak sendiri untuk memarkirkan kendaraan.

All-new BMW Seri 5 ini akan tersedia di seluruh diler resmi BMW mulai Agustus 2017. All-new 530i Luxury Line dijual dengan harga off-the-road Rp1,149 miliar, sedangkan All-new 530i M Sport seharga Rp1,379 miliar. (*)

Baca juga artikel tentang mobil eksklusif lainnya di sini: LaFerrari Aperta, Ludes Terjual Sebelum Dipublikasikan.



Asty TC

LAINNYA DARI MERAH PUTIH