Generasi PlayStation Berikutnya, Paling Ramah Lingkungan Aliansi yang dibuat PBB untuk meningkatkan perhatian terhadap masalah lingkungan (Foto Playing4thePlanet)

SONY telah berkomitmen untuk ikut memerangi kondisi perubahan iklim yang kini tengah jadi isu penting. Komitmen tersebut akan mereka realisasikan lewat generasi PlayStation (PS) selanjutnya, PS 5.

Jim Ryan selaku presiden dan CEO dari Sony menuliskan lewat blog resmi Sony, bahwa PS 5 akan memakan daya sekecil mungkin saat dalam posisi standby, hanya sekitar 0,5 watt saja.


Baca Juga:

Nantikan Kejutan di Video Game John Wick

sony
Bayangkan berapa banyak listrik yang dihemat lewat PS 5 (Foto TechRadar)


Jumlah ini sangat kecil bila dibandingkan dengan performa PS 4 saat ini. PS 4 memakan daya hingga 8,5 watt dalam posisi standby. Tentunya banyak sekali listrik yang dapat tersimpan, apabila Sony benar-benar dapat membuktikan komitmennya.

Terlebih lagi jika PS 5 mampu mencapai atau melebihi angka penjualan PS 4. Yang pada pertengahan tahun 2019 lalu, telah mencapai angka 100 juta unit. Ryan menuliskan apabila satu juta gamer memanfaatkan fitur PS 5 tersebut, listrik yang tersimpan setara dengan listrik yang digunakan oleh seribu rumah di Amerika Serikat.

Sony nantinya akan mengumpulkan data lewat layanan mereka. Kemudian melaporkan seberapa banyak energi yang dapat mereka simpan. Mereka juga berkomitmen untuk memberikan informasi kepada para gamer, seputar cara mengatur PS supaya dapat menghemat energi. Sony juga akan bekerja sama dengan pihak lainnya seperti para pengembang video game.

Sony akan membantu para pengembang game yang membuat game dengan menggunakan permasalahan lingkungan sebagai tema besar. Mereka pun juga akan mengembangkan potensi aplikasi PS VR (Virtual Reality) supaya dapat meningkatkan perhatian terhadap permasalahan lingkungan yang ada.


Baca Juga:

5 Lokasi Game PUBG di Dunia Nyata, Ternyata Dua di Asia

sony
Sony membuat PS5 menjadi ramah lingkungan. (Foto WallpaperCave)

Dalam menjalankan komitmennya, Sony tidak sendirian. Banyak pemimpin besar dalam industri game yang juga tengah membuat komitmen yang serupa dengan Sony. Mereka bergabung dalam aliansi bernama Playing for the Planet yang difasilitasi oleh PBB.

PBB melihat bahwa komunitas video game tengah berkembang dengan pesat. Orang-orang yang ada dalam komunitasnya pun sangat beragam. Oleh sebab itu komite lingkungan PBB merasa penting untuk menyuarakan permasalahan lingkungan lewat para industri besar video game.

Sony pun merasakan hal yang sama. Menurut Sony, video game memiliki kekuatan untuk memulai sebuah perubahan sosial. Lewat programnya, Sony berharap mampu mengedukasi dan menginspirasi para gamer untuk lebih peduli. Sony bangga bisa menjadi bagian dari Playing for the Planet dan menanti apa yang industri game bisa capai lewat aliansi ini. (sep)

Baca Juga:

Playstation 1 Bukan Sekedar Game, Bisa Bikin Teman Ngambek


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH