Generasi Pertama Pemimpin Korea Utara Tiba di Korea Selatan Atlet Korea Utara tiba di Desa Olimpiade di Gangneung, Korea Selatan, Kamis (1/2). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji)

MerahPutih.com - Kedatangan salah salah satu orang Korea Utara di Korea Selatan menjadi perhatian publik dunia. Dia adalah saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Kim Yo-jong, saudara perempuan Kim Jong Un, datang untuk menghadiri pembukaan Olimpiade Musim Dingin yang dituahrumahi Korea Selatan.

Kim Yo-jong adalah generasi pertama dari dinasti pemimpin Korea Utara yang kembali mengunjungi Korea Selatan setelah Perang Korea, 1950-1953.

Seperti dilansir BBC, Kim Yo-jong merupakan kepala seremonial Korea Utara dan datang ke Pyeongchang. Dia termasuk dalam daftar Amerika Serikat atas sanksi pelanggaran kemanusiaan di Korea Utara.

Korea Utara dan Korea Selatan berada di bawah satu bendera yang sama saat pembukaan Olimpiade Musim Dingin. Selain 22 atlet, Korea Utara juga memboyong sebanyak 400 delegasi termasuk pemain cheerleaders (pemandu sorak) dan orkestra negara itu.

Koresponden BBC mengatakan, Kim Yo-jong berumur kira-kira 30 tahun dan empat tahun lebih muda dari kakaknya Kim Jong Un. Beberapa pengamat berspekulasi kemungkinan dia membawa pesan "khusus" dari saudaranya.

Saudara perempuan Kim Jong Un, Kim Yo-jong. (Screenshot koreajoongangdaily)
Saudara perempuan Kim Jong Un, Kim Yo-jong. (Screenshot koreajoongangdaily)

Sementara itu, media Korea Selatan Korea JoongAng Daily melaporkan bahwa saudara perempuan Kim Jong Un, Kim Yong-jong mendarat di Korea Selatan, pada Jumat (9/2) sore sebagai delegasi tertinggi negara itu ke Olimpiade Musim Dingin.

Rombongan Kim Yong-jong dipimpin oleh pimpinan Majelis Rakyat Tinggi (SPA) Kim Yong-nam. Mereka tiba di Bandara Internasional Incheon sekitar 1.46 sore waktu setempat dan menggunakan jet pribadi pemimpin Korea Utara. Menteri Unifikasi Korea Selatan Cho Myoung-gyon menyambut kedatangan mereka.

Kim Yo-jong menjabat wakil direktur pertama Komite Sentral Partai Pekerja. Dia adalah keluarga rezim Korea Utara pertama yang mengunjungi Korea Selatan. Kim Yo-jong merupakan cucu dari Kim Il Sung, pendiri rezim komunis Korut. (*)

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH