Gempa di Kepulauan Talaud Tidak Berpotensi Tsunami di Indonesia Foto: Pusat Gempa di Kepulauan Talaud, Sulut. (Dokumen akun Twitter BMKG)

MerahPutih.com - Gempa bumi berkekuatan 7,1 magnitudo mengguncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Sabtu (29/12) pukul 10.39 WIB.

Lokasi gempa berada di 5,85 lintang utara dan 126,81 lintang selatan atau 201 kilometer Timur Laut dengan kedalaman gempa 69 kilometer.

"Tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia," kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono kepada MerahPutih.com.

Ilustrasi Foto Gempa Bumi. foto: Istockphoto

Getaran gempa dirsasakan di Melonguane Talaud IV MMI, Tahuna Sangihe III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai III MMI, Manado, Ternate, Jailolo II MMI.

"Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina," ungkapnya

Meskipun tidak berpotensi tsunami, Rahmat mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

"Kepada masyarakat Kepulauan Sangihe dan Talaud diimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia," ujarnya. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH