Gempa Sumut Akibatkan 60 Rumah Warga Rusak

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 14 Juli 2017
Gempa Sumut Akibatkan 60 Rumah Warga Rusak
Ilustrasi rumah rusak karena gempa (Foto: Twitter @benz_moreira)

MerahPutih - Sebanyak 60 rumah di Kota Padang Sidempuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 5,5 skala Richter pada Jumat (14/7) pagi.

Dalam pesan singkat yang diterima di Medan, Jumat, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kerusakan rumah di Kota Padang Sidempuan berada di Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu dan Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru.

Sedangkan kerusakan di Kabupaten Tapanuli Selatan terjadi di Desa Sitara Toit dan Desa Lobulayan, Kecamatan Angkola Barat.

Di Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu, tercatat sembilan rumah yang rusak yakni di Desa Pokenjior (enam unit), Desa Mompang (satu unit), dan Desa Simatohir (dua unit).

Di desa tersebut juga terdapat sebuah gedung sekolah dasar yang mengalami kerusakan meski tidak terlalu parah.

Sedangkan di Kecamatan Padang Sidempun Hutaimbaru, rumah yang rusak hanya satu unit yang berada di Desa Palopat Maria.

Rumah yang rusak paling banyak terdapat di Kabupaten Tapanuli Selatan yakni 50 unit yang berada di Desa Sitaratoit (10 unit) dan Desa Lobulayan Sigordang (40 unit), Kecamatan Angkola Barat.

Bagian rumah yang rubuh di Desa Sitaratoit juga sempat mengenai seorang warga bernama Masitoh Ritonga sehingga wanita berusia 73 tahun itu mengalami luka-luka.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,5 SR melanda Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, pada Jumat, pukul 08.25 WIB.

BNPB mencatat adanya dua gempa susulan yang berkekuatan 3,5 SR pada pukul 08.57 WIB dan 4,1 SR pada pukul 09.11 WIB. (*)

Sumber: ANTARA

#Gempa Bumi #Gempa #Gempa Tektonik #BNPB #Sutopo Purwo Nugroho #Sumatera Utara
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan