Gempa Majene, Ketua DPD Minta Pemerintah Pusat Cepat Hadir di Lokasi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 15 Januari 2021
Gempa Majene, Ketua DPD Minta Pemerintah Pusat Cepat Hadir di Lokasi
Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (HO/DPD RI)

MerahPutih.com - Gempa berkekuatan 5,9 magnitudo yang mengguncang Majene, Sulawesi Barat, membuat Ketua DPD La Nyalla Mattalitti prihatin. La Nyalla berharap, musibah ini bisa segera diatasi dan masyarakat bisa kembali beraktivitas.

"Saya turut prihatin atas bencana gempa bumi yang melanda Sulawesi Barat. Semoga musibah ini bisa diatasi dengan cepat dan masyarakat Sulawesi Barat bisa kembali beraktivitas tanpa ada halangan apa pun," kata La Nyalla, dalam keterangannya, Jumat (15/1).

Mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur ini mendorong pemerintah daerah dan BNPB serta Kemensos segera bertindak cepat mengatasi gempa yang melanda Sulawesi Barat. La Nyalla pun meminta pemerintah segera mengirimkan bantuan yang diperlukan masyarakat.

Baca Juga:

Ini Kerusakan Sementara Akibat Gempa 6,2 yang Guncang Majene Sulbar

Meski demikian, La Nyalla berharap agar warga setempat tidak panik. Sebab, berdasarkan keterangan BMKG, gempa tersebut tidak menimbulkan ancaman tsunami.

"Berdasarkan keterangan BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami. Kami berharap warga tidak terlalu panik, tapi tetap waspada dan mencari tempat yang lebih aman. Jika ada rumah-rumah atau kantor-kantor yang rusak agar segera diatasi," harapnya.

Sejumlah bangunan tinggi di kota Mamuju provinsi Sulawesi Barat roboh akibat gempa berkekuatan 6,2 magnitudo sekitar 02,28 wita Jumat dini hari (15/01/2021) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi
Sejumlah bangunan tinggi di kota Mamuju provinsi Sulawesi Barat roboh akibat gempa berkekuatan 6,2 magnitudo sekitar 02,28 wita Jumat dini hari (15/01/2021) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Gempa susulan sendiri masih mengguncang wilayah Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (15/1) dini hari, sekitar pukul 02.30 Wita. Getaran lebih kuat, bahkan sebanyak tiga kali gempa susulan yang terasa hingga Kota Makassar dengan durasi lebih lama.

Saat terjadi gempa susulan, sejumlah warga di Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga:

DPR Minta Pemerintah Lakukan Operasi Tanggap Darurat Gempa Sulbar


"Kami berharap, dengan adanya musibah ini seluruh warga Sulawesi Barat khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk banyak-banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar musibah atau bencana ini dijauhkan dari kita," harapnya.

Menurut informasi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa susulan tersebut dengan kekuatan magnitudo 6,2. Gempa berpusat di lokasi 2.98 LS,118.94 BT arah 6 km Timur Laut Majene-Sulbar. Dengan kedalaman gempa 10 Km berdasarkan rilis BMKG. (Pon)

Baca Juga:

BNPB Gelar Rapat Koordinasi Pantau Gempa Berpusat di Majene

#La Nyalla Mattalitti #Gempa Bumi #Sulawesi Barat
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan