Gempa Larantuka, BMKG Masih Berikan Peringatan Dini Tsunami

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 14 Desember 2021
Gempa Larantuka, BMKG Masih Berikan Peringatan Dini Tsunami
Peringatan dini tsunami. (https://warning2.bmkg.go.id)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan wilayah berstatus siaga dan waspada untuk segera melakukan evakuasi menyusul gempa bumi bermagnitudo 7,5 di Laut Flores yang berpotensi menimbulkan tsunami.

Berdasarkan data yang diterima, beberapa wilayah berpotensi siaga di antaranya adalah Selayar di Sulawesi Selatan, Pulau Ende bagian utara, Flores Timur bagian utara, Sikka bagian utara, Pulau Lembata, Pulau Adonara, Manggarai bagian utara, Ngada bagian utara, dan Alor bagian utara,di Nusa Tenggara. Kemudian Bombana dan Buton di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga:

BREAKING NEWS: Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Perairan Larantuka, Berpotensi Tsunami

Kemudian daerah yang berstatus waspada di antaranya Manggarai Barat bagian utara di NTT Eakatobi di Sultra, Bima, Pulau Gili, dan Dompu bagian utara di NTB, Pulau Wetar di Maluku Tenggara Barat, dan Bulukumba di Sulsel.

BMKG menyebutkan waktu tiba gelombang dapat berbeda, dan gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar.

Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status "Awas" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.

Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status "Siaga" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan
evakuasi.

Sementara itu pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status "Waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Peringatan dini tsunami. (Foto: BMKG)
Peringatan dini tsunami. (Foto: BMKG)

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami di Sulawesi Selatan, NTT, Sulawesi Utara, NTB, dan Maluku.

Peringatan dini tersebut dikeluarkan setelah terjadi gempa bumi bermagnitudo 7,5 pada Selasa (14/12) pukul 10.20.22 WIB berlokasi di 7.59 Lintang Selatan 122.26 Bujur Timur kedalaman 12 km.

Lalu ada pembaharuan data. Tetapi, BMKG meminta warga hati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi. Lokasi gempa di 89 km Barat Laut Larantuka, kekuatan 5.6 Magnitudo dan kedalaman 10 km.

Baca Juga:

Gempa Landa Larantuka, BMKG Perbaharui Data Potensi Tsunami

#BMKG #Bencana Alam #Rawan Bencana
Bagikan
Bagikan