Gempa Landa Sukabumi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 31 Oktober 2022
Gempa Landa Sukabumi
Gempa di Sukabumi. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Gempa dengan magnitude 4.7 terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Pusat gempa berada di laut 87 km Barat Daya Kota Sukabumi.

Gempa ini dirasakan (skala MMI) di Garut bagian selatan, Tasikmalaya, Pandaran, Cianjur, Panggarahan. Lalu dengan skala II dirasakan di Bandung Barat, Majalengka, Sukabumi, Bayah, Gunung Kencana dan Kota Bandung. Sampai saat ini, belum ada informasi kerusakan atau korban jiwa atas gempa tersebut.

Baca Juga:

Ilmuwan Melatih Tikus untuk Menyelamatkan Korban Gempa Bumi

Sebelumnya, saat gempa, Minggu (9/10) dengan magnitudo 5,5 yang berpusat di 7.09 lintang selatan (LS),106.08 bujur timur (BT) sekitar 26 km barat daya, Kabupaten Bayah, Banten dengan kedalaman pusat gempa 12 km di bawah permukaan laut, membuat beberapa rumah di Sukabumi retak.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi menerima laporan dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak bahwa ada tiga rumah di Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ketiga rumah yang rusak tersebut dua unit berada di Kampung Cimande, RT 02/06, Desa Kalaparea dan satu unit lainnya lainnya berada di Kampung Hegarmanah, RT 03/04, Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak.

Dari data sementara, dari tiga rumah itu dua rusak sedang dan satu rusak berat. Untuk rusak sedang milik Ence Mulyadi yang dihuni tiga jiwa dan milik Sama yang dihuni empat jiwa di di Kampung Cimande.

Kemudian untuk rumah yang dikategorikan rusak berat yakni milik Puloh dihuni lima jiwa warga Kampung Hegarmanah, di mana kondisi rumahnya sudah nyaris ambruk dan tentunya membahayakan para penghuninya.

Gempa juga terjadi pada 26 Oktober, gempa darat melanda Kabupaten Garut dengan magnitude 2,8. Kawasan selatan Jawa Barat menjadi wilayah yang sering dan rawan dilanda gempa. (Asp)

Baca Juga:

Data Terkini Kerusakan Akibat Gempa Magnitudo 5,5 di Banten

#Gempa
Bagikan
Bagikan