Gempa Berkekuatan 7,0 Guncang Turki, Disusul Tsunami

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 30 Oktober 2020
Gempa Berkekuatan 7,0 Guncang Turki, Disusul Tsunami
Tangkapan layar Twitter pasca-gempa besar melanda turki. (Foto: twitter.com/ragipsoylu)

MerahPutih.com - Gempa bumi bermagnitudo 7.0 melanda Laut Aegea, Turki, pada hari Jumat (30/10), sekitar 7.00 WIB. Gempa ini menyebabkan kerusakan banyak bangunan dan orang-orang terperangkap dalam puing-puing.

Saksi mata menuturkan, orang-orang membanjiri jalan-jalan di kota pesisir Turki Izmir setelah gempa besar itu.

Dikutip Aljazeera, media Turki menunjukkan puing-puing gedung bertingkat di pusat Izmir. Asap terlihat di beberapa tempat di kota.

Baca Juga:

Tetap Tenang, Kunci Selamat saat Gempa Bumi

Gambar di media sosial menunjukkan air mengalir melalui jalan-jalan Izmir dari gelombang laut yang tampak jelas.

Hingga berita ini diturunkan, belum dilaporkan ada korban jiwa.

"Sejauh ini, kami telah menerima informasi tentang enam bangunan yang runtuh di Provinsi Izmir," kata Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu di Twitter.

Menteri Lingkungan Hidup Murat Kurum mengatakan, dia mengetahui setidaknya lima bangunan yang runtuh. “Beberapa warga kita terjebak di reruntuhan,” ujarnya.

Gempa tersebut memicu tsunami skala kecil di Seferihisar, kata Huseyin Alan, kepala Kamar Insinyur Geologi Turki, kepada kantor berita negara TRT, memperingatkan orang-orang untuk menjauh dari bangunan.

Baca Juga:

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Pangandaran

Otoritas Bencana dan Darurat Turki (AFAD) memperkirakan kekuatan gempa 6,6, sedangkan Survei Geologi AS mengatakan itu adalah 7,0. Gempa terjadi sekitar pukul 11:50 GMT dan dirasakan di sepanjang pantai Aegean Turki dan wilayah barat laut Marmara.

AFAD menyatakan, pusat gempa berada sekitar 17 km (11 mil) di lepas pantai Provinsi Izmir, pada kedalaman 16 km. Survei Geologi AS mengatakan, kedalamannya 10 km dan pusat gempa 33,5 km di lepas pantai Turki. (*)

Baca Juga:

Gempa Guncang Bayah Banten, Tidak Berpotensi Tsunami

#Breaking #Turki #Gempa
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan