Headline

Gempa Berkekuatan 5,2 Skala Richter Guncang Mamasa, Sulawesi Barat

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 07 November 2018
Gempa Berkekuatan 5,2 Skala Richter Guncang Mamasa, Sulawesi Barat
Ilustrasi Gempa Bumi. (Thepioneeronline)

MerahPutih.Com - Masyarakat Kabupaten Mamasa kembali dikejutkan dengan guncangan gempa yang berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) yang terjadi pada Rabu (7/11) petang sekitar pukul 17.42 WITA.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Rabu malam, mengatakan, gempa berkekuatan 5,2 SR itu berpusat di darat dengan kedalaman 11 KM pada lokasi 9 KM Tenggara Mamasa.

"Gempa yang terjadi di Mamasa pada Rabu petang, tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini, belum ada laporan adanya korban jiwa dan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa itu, namun dari informasi yang kami terima, dua orang pingsan akibat kaget saat terjadi gempa tersebut," ujarnya.

Akibat gempa berkekuatan 5,2 SR tersebut, maka warga yang sebelumnya mengungsi di sejumlah titik, panik dan berhamburan menuju tanah lapang.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

Sebelumnya, sebagian warga Mamasa mengungsi di sejumlah tempat yang aman pascaterjadinya gempa berkekuatan 5,5 magnitudo pada Selasa (6/11) dinihari sekitar pukul 02, 35 WITA.

Warga yang berada di tenda-tenda pengungsian itu, kata Sutopo, kembali panik dan berlarian keluar tenda-tenda pengungsian saat terjadi guncangan gempa berkekuatan 5,2 SR itu.

"Warga yang mengungsi di tenda-tenda berhamburan ke luar karena gempa terasa kuat dan berlangsung sekitar 4-5 detik," ujarnya.

Sementara itu, gempa berkekuatan 5,2 magnitudo tersebut juga dirasakan masyarakat di Kabupaten Mamuju.

Sebagaimana dilansir Antara, warga yang berada di ibu kota Provinsi Sulawesi Barat itu langsung berhamburan ke luar rumah saat terjadi gempa dengan durasi waktu yang lebih lama dibanding saat terjaidnya gempa berkekuatan 5,5 magnitudo pada Selasa dinihari.

"Guncangan gempa kali ini terasa lebih kuat dan lebih lama dibanding Selasa dinihari. Kami sangat panik dan khawatir sehingga langsung keluar rumah mencari tempat yang aman," kata seorang warga Mamuju, Fajrul.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Eni Saragih Kembalikan Uang Suap Sebesar Rp1,3 Miliar kepada KPK

#Gempa Bumi #Sulawesi Barat #Sutopo Purwo Nugroho #BNPB
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan