Gempa 6,6 SR Guncang Bengkulu Berpotensi Tsunami

Luhung SaptoLuhung Sapto - Minggu, 13 Agustus 2017
Gempa 6,6 SR Guncang Bengkulu Berpotensi Tsunami
ilustrasi warga mengungsi. (Foto MP/Mauritz)

MerahPutih.Com - Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Bengkulu dan sekitarnya pada Minggu (13/8) pagi.

Data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut pusat gempa berlokasi di laut, sekitar 71 kilometer barat daya Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

"Kedalaman hanya 10 kilometer di dasar laut. Kalau dari skala ini berpotensi tsunami tapi kami masih menunggu arahan pusat," kata Kepala Seksi dan Data BMKG Provinsi Bengkulu, Sudiyanto.

Gempa berlokasi 3.75 Lintang Selatan 101.56 Bujur Timur itu dirasakan cukup kuat oleh warga Kota Bengkulu dan sekitarnya.

Warga di Kelurahan Pasar Melintang Kota Bengkulu berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

Lomba busana muslim yang digelar di masjid Kelurahan Pasar Melintang pun terpaksa terhenti sementara sebab para peserta berhamburan keluar masjid saat guncangan gempa terjadi.

Setelah guncangan gempa yang berlangsung kurang dari satu menit, warga masyarakat kembali ke rumah masing-masing dan beraktivitas normal.

Termasuk kegiatan remaja muslim di masjid itu kembali dilanjutkan setelah peserta kembali memasuki bangunan masjid.

Jaringan listrik di Kecamatan Kota Mukomuko dan sekitarnya terputus mulai pukul 10.08 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Meskipun listrik di wilayah itu padam saat gempa bumi namun tidak menganggu aktivitas warga pada hari libur akhir pekan ini. Karena listrik padam pada siang hari.

"Guncangan awalnya terasa pelan lalu semakin kuat, jadi kami lari keluar rumah," kata Arpan, warga Jalan Cendrawasih, Kota Bengkulu.

BMKG mengingatkan gempa ini berpotensi akan mengakibatkan tsunami. Pemprov setempat mengumumkan belum ada kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa. (*)

Sumber: ANTARA

#Gempa #Bengkulu
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan