Gempa 4,3 SR di Manokwari Tak Berpotensi Tsunami Ilustrasi Gempa Bumi. (Thepioneeronline)

Merahputih.com - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah V Jayapura menyatakan gempa tektonik pada Sabtu (8/12) di wilayah Kabupaten Manokwari tidak berpotensi diikuti tsunami.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili menyebutkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini terjadi pada pukul 09:51:47 WIT dengan Magnitudo M 4,3 SR.

Episenter terletak pada koordinat 1.14 Lintang Selatan (LS) 134.13 Bujur Timur (BT) tepatnya di laut pada jarak 31 Km arah Tenggara Kabupaten Manokwari dengan kedalaman 10 Kilometer.

"Dampak gempa berupa guncangan yang dirasakan di Kabupaten Manokwari dalam skala intensitas III MMI dan di Ransiki sebesar II MMI," kata Petrus, dalam keterangan tertulis, sabtu (8/12).

gempa
Ilustrasi gempa (pixabay)

Ditinjau dari episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Petrsu, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar pada Region Lajur Sesar Sorong.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 10:20 WIT, belum terjadi aktivitas gempa susulan. Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua mencatat gempa berkekuatan 4,3 skala Richter mengguncang Kabupaten Manokwari pada pukul 09.51 WIT.

Gempa tersebut berlokasi di 1,14 Lintang Selatan dan 134,13 Bujur Timur atau 31 kilometer tenggara Manokwari, Papua Barat, pada kedalaman 10 kilometer. Gempa ini cukup terasa di Kabupaten Manokwari dan daerah sekitarnya. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH