Gembong KKB Tengah Cari Amunisi untuk Teror Saat HUT OPM Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw. ANTARA/Evarianus Supar

Merahputih.com - Polisi menyatakan gembong KKB di daerah Sinak Kabupaten Puncak, Iris Murib selama beberapa waktu terakhir berada di sekitar Timika. Ia berada disana untuk mencari amunisi dan berbagai perlengkapan lain untuk kepentingan melakukan teror penembakan pada HUT OPM 1 Desember mendatang.

"Mereka rencananya akan bergabung dengan kelompok lain yang sementara dalam perjalanan dari berbagai wilayah melintasi Sugapa Intan Jaya. Rencananya mereka akan bergabung dengan kelompok dari Timika untuk melakukan aksi bertepatan dengan 1 Desember," kata Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpau, Sabtu (23/11).

Baca Juga

Melawan Saat Ditangkap, Salah Satu Anggota KKB Dilumpuhkan Polisi

Usai ditangkap, Iris Murib sudah dibawa ke Jayapura sejak Jumat (22/11) dan sementara ini sedang dirawat di RS Bhayangkara Jayapura.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw saat berbincang dengan pengungsi kerusuhan Wamena. ANTARA/HO/Humas Polda Papua)

Polisi sendiri sudah lama mengikuti pergerakan Iris Murib sebelum ditangkap pada Kamis (21/11) sekitar pukul 14.21 WIT.

"Iris Murib dibekuk tujuh personel Satgas Operasi Nemangkawi saat berada di Kali Pindah-Pindah di Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika," kata Irjen Paulus.

Baca Juga:

Wamena Mulai Kondusif, Jumlah Pengungsi Tercatat Menurun

Polisi terpaksa melumpuhkan Iris Murib karena melawan saat hendak diamankan.

"Yang bersangkutan sudah lama kami ikuti. Syukur dia masih hidup sehingga kami akan coba mengungkap jaringannya," kata Paulus. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH