Gembok Tas Tidak Mempan Terhadap Pencuri Gembok pada ritsleting koper tidak mempan terhadap pencuri (Foto: Pixabay/RitaE)

MUNGKIN Anda telah mengepak koper untuk perjalanan wisata berikutnya. Bahkan Anda berniat membawa barang-barang berharga seperti elektronik dan perhiasan di koper Anda. Rasanya tak perlu khawatir, karena Anda punya gembok kepercayaan yang dapat menjaga barang-barang Anda di dalam koper. Namun, seaman apakah itu?

Menurut para ahli, seperti dilansir dari Fox News, Anda perlu berpikir dua kali terkait persiapan keamanan perjalanan Anda.

Tahun 2014 lalu, Washington Post membuat kesalahan fatal dengan mempublikasikan foto kunci utama Transportation Security Administration (TSA). Foto tersebut memberi informasi kepada para pencuri di seluruh dunia untuk membuat salinan 3D-nya. Sehingga, mereka dapat membuka semua gembok koper yang telah mendapat persetujuan TSA. Ars Technica bahkan telah mengetes versi salinan 3D dari kunci tersebut, yang dapat digunakan untuk membuka gembok koper dengan mudahnya.

Meski demikian, tanpa teknologi tersebut, gembok sebenarnya tak berperan banyak dalam memproteksi barang bawaan Anda. Nyatanya, pencuri mana pun dapat membuka koper atau tas Anda tanpa merusak gemboknya dan tanpa meninggalkan jejak. Yang mereka butuhkan hanyalah sebuah pulpen.

Para pencuri tak perlu repot-repot membuka gembok. Mereka cukup menggeser gembok ke bagian samping tas, lalu menusuk bagian tengah ritsleting dengan pulpen dan membukanya. Setelah mereka selesai mengacak-acak barang Anda, ritsleting dapat tertutup kembali dengan sendirinya dengan menggeser kembali gembok dari samping tas.

Jadi, sebaiknya jangan gunakan gembok koper yang bisa digeser-geser seperti di atas. Atau, Anda bisa membawa barang-barang berharga bersama Anda di dalam pesawat terbang. (*)

Simak pula info menarik lainnya seputar traveling di sini: Hobi Traveling Latih Anda Sukses


Tags Artikel Ini

Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE