Gembira Itu Relatif

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 02 Maret 2023
Gembira Itu Relatif
Setiap orang punya cara sendiri untuk bergembira. (Foto: Unsplash/KE ATLAS)

APA yang membuat kamu gembira? Setiap orang pasti punya jawabannya masing-masing. Ada yang gembira karena makan, berbelanja, bepergian, dan masih banyak lagi. Kegembiraan digambarkan sebagai rasa yang melibatkan emosi positif dan kepuasan hidup. Rasa kegembiraan memang dapat dipupuk dengan cara yang beragam.

“Untuk membuat diri kamu gembira, kamu harus mengeksplor hidupmu yang sekarang, nilai tingkat kebahagiaanmu, dan temukan motivasi yang akan membawa kegembiraan dan kepuasan,” tulis Psikolog Elizabeth Scott pada laman verywellmind.

Baca Juga:

Bergembira dengan Bermain Gim

Tingkat kegembiraan setiap orang relatif. Setiap orang memiliki makna kegembiraannya sendiri. Langkah awal untuk membangun kegembiraanmu adalah dengan mencari tahu hal yang dapat membuat hidupmu puas dan gembira. Beberapa jawaban umum yang akan terdengar, seperti hubungan asmara yang lancar, rumah mewah, tubuh bagus, atau validasi dari orang sekitar.

Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk gembira. (Foto: Pexels/Elle Hughes)

Pakar psikologi positif yang mempelajari kegembiraan atau kebahagiaan manusia telah menemukan beberapa hal yang terkait dengan kegembiraan pribadi, seperti uang, teman, kesehatan, kondisi hidup, lingkungan, spiritual, komunitas, dan tujuan dalam hidup. Jika kamu belum puas dengan beberapa hal tersebut, bukan berarti kamu tidak gembira. Namun, kamu cenderung lebih gembira jika kamu telah menemukan beberapa di antaranya.

Fokuslah pada hal-hal positif yang dapat membantu meningkatkan kegembiraan setiap harinya. Setiap perubahan yang kamu lakukan meskipun perubahan kecil, dapat membawa kegembiraan dan rasa puas. Selain hal yang terlihat mata, ternyata kehidupan sosial yang kuat juga dapat membantu untuk mencari kebahagiaan.

Kamu dapat menemukan banyak orang sukses secara karier, tetapi tidak ada kebahagiaan di hidupnya. Banyak orang mengejar tujuan yang ditetapkan untuk mencari kebahagiaan.

Baca Juga:

Zero Discrimination Day, Mendukung Kegembiraan Sebagai Hak Semua Orang

Untuk membuat dirimu lebih gembira, pasti kamu pernah mendengar istilah Work Life Balance. Dikutip dari Halodoc, Work Life Balance adalah kondisi saat kamu sudah bisa membagi waktu antara tanggung jawab pekerjaan dan kehidupan pribadi. Keseimbangan ini akan membuat kamu lebih produktif dan meningkatkan rasa stres yang membuat kamu tidak gembira.

Membuat jurnal bisa meningkatkan perasaan bahagia. (Foto: Pexels/Bich Tran)

Untuk mencapai kegembiraan dalam hidupmu, kamu bisa melakukan beberapa kebiasaan ini.

1. Buat jurnal

Membuat jurnal tentang rasa syukur bisa meningkatkan perasaan bahagia. Pada sebuah penelitian dari Frontiers in Psychology, orang yang menuliskan rasa syukur setiap hari selama 14 hari dapat meningkatkan perasaan positif dan tingkat kepuasan hidup.

2. Olahraga

Beraktivitas atau olahraga dapat memberikan dampak positif pada suasana hati dan kesehatan mental. Jika memungkinkan, kamu dapat memaksimalkannya dengan berjalan-jalan di luar ruangan. Selain itu, kamu juga dapat menghabiskan waktu di alam dan berjemur di bawah sinar matahari akan menjadi salah satu metode untuk meningkatkan kegembiraan.

3. Carilah keajaiban

Orang dengan perasaan kagum cenderung memiliki tingkat stres lebih rendah dan memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Perhatikan lingkungan sekitar kamu dan kamu akan menemukan hal-hal ajaib yang di sekitarmu. Usaha untuk mempelajari hal baru dan fokus untuk hidup pada saat ini. (vca)

Baca Juga:

Tips Bahagia Tanpa Harus Mengikuti Standar Orang Lain

#Maret Sebangsa Bergembira
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan