Gemar Belanja Online? Kamu Harus Tahu Istilah-Istilah Ini Ada beberapa istilah yang perlu kamu tahu ketika belanja atau jualan online (pixabay/vexels)

BELANJA adalah hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Kegiatan itu memenuhi hasrat dan memberikan kepuasan tersendiri. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya setiap orang memiliki sifat konsumtif, terlebih orang Indonesia. Tak heran ada anggapan yang mengatakan berbelanja bisa menghilangkan stres.

Orang akan semakin semangat untuk melakukannya ketika mendengar kata diskon atau promo, apalagi di era serba digital saat ini. Semua seakan dimudahkan dengan fasilitas internet. Godaan berbelanja semakin kuat ketika banyak e-commerce yang berlomba menebar penawaran promo lewat berbagai platform.

Baca juga:

Kemasan Menarik Dorong Peningkatan Penjualan Produk

Mengutip data dari Global Web Index yang dirangkum oleh We Are Social dan Hootsuite, pada Desember 2018 Indonesia tercatat sebagai negara yang paling banyak membeli barang atau berbelanja secara online dengan angka 86 persen.

Nah, buat kamu yang gemar belanja online dan tergolong baru, wajib banget mengetahui istilah-istilah di bawah ini.

PHP (Pemberi Harapan Palsu)

Gemar Belanja Online? Kamu Harus Tahu Istilah-Istilah Ini
PHP cenderung penjual jengkel (Pixabay/geralt)

Eits, istilah ini enggak hanya digunakan saat ingin menjalin hubungan atau ketika mengajak teman janjian namun tak kunjung datang.

Biasanya PHP terjadi ketika kamu hendak check-out atau pembayaran, namun berubah pikiran. Tentu hal ini membuat jengkel penjual, padahal di percakapan sebelumnya telah terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Tuti (Tukang Tipu)

Gemar Belanja Online? Kamu Harus Tahu Istilah-Istilah Ini
Tuti harus diwaspadai saat belanja online (Pixabay/Tumisu)

Nah, ini adalah hal yang paling nyesek untuk pembeli. Biasanya yang menjadi korban penipuan adalah pembeli yang terlalu cepat percaya dan langsung melakukan pembayaran ke rekening pribadi penjual.

Jenis penipuan di jual beli online sangat beragam. Kamu harus berhati-hati dan melakukan double check sebelum melakukan pembayaran dengan melihat rekam jejak atau testimonial si penjual.

Rekber (Rekening Bersama)

Gemar Belanja Online? Kamu Harus Tahu Istilah-Istilah Ini
Rekening bersama atau escrow memperkecil potensi penipuan (moneyconnexion)

Ini adalah salah satu cara agar kamu tidak tertipu ketika membeli barang saat belanja online. Rekber adalah pihak ketiga yang menadahi transaksi antara penjual dan pembeli.

Karena teknologi semakin maju, e-commerce bisa dikatakan sebagai rekening bersama. Dengan adanya rekber, potensi penipuan menjadi semakin kecil.

Baca juga:

3 Cara Mendukung Bisnis Teman Biar Makin Laris

Recsell (Recommended Seller)

Gemar Belanja Online? Kamu Harus Tahu Istilah-Istilah Ini
Tetap harus berhati-hati karena penipuan online bentuknya beragam (Pixabay/geralt)

Penjual pilihan, atau penjual yang direkomendasikan. Untuk mendapatkan gelar ini, biasanya penjual harus memiliki reputasi yang baik di kalangan pembelinya, hal ini bisa dilihat dari testimonial pembelian yang biasanya ditampilkan oleh penjual. Karena direkomendasikan, bukan berarti kamu bisa langsung percaya begitu saja.

WTB (Want to Buy) dan WTS (Want to Sell)

Gemar Belanja Online? Kamu Harus Tahu Istilah-Istilah Ini
Istilah ini akan sering ditemukan dalam forum jual beli (Pixabay/PhotoMIX-Company)

Istilah WTB biasa digunakan ketika kamu ingin mencari barang yang kamu hendak beli, sementara WTS adalah ketika kamu hendak menjual barang. Keduanya biasa terjadi di sebuah grup atau forum di berbagai media sosial.

Price Police

Gemar Belanja Online? Kamu Harus Tahu Istilah-Istilah Ini
Jangan membandingkan harga dengan lapak lain dan berkomentar (Pixabay/geralt)

Tidak dianjurkan, karena bisa bikin sakit hati dan emosi penjual. Istilah price police digunakan untuk orang-orang yang membandingkan harga barang dengan lapak sebelah yang lebih murah, kemudian menuliskannya di kolom komentar penjual. Hal ini akan membuat penjual enggan menanggapi komentar tersebut, bahkan penjual bisa mengusirmu dari lapaknya. (ray)

Baca juga:

Kemasan Paket yang Baik, Jamin Amannya Barang Kamu



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH