Gelombang Tinggi Landa Pantai Selatan Yogyakarta, Wisatawan Dilarang Berenang Waspadai gelombang tinggi di pantai Yogyakarta. (Foto: instagram@rr.karlina.sari)

GELOMBANG tinggi akan melanda pantai Selatan Yogyakarta sepekan ke depan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mengimbau wisatawan untuk tidak mendekat ke arah laut.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Etik Setyaningrum memprediksi tinggi gelombang mencapai 4 meter.

"Gelombang tinggi akan berlangsung mulai 4 Agustus hingga 9 Agustus 2019. Kami prediksi tinggi gelombang 2 hingga 4 meter," kata Etik di Yogyakarta, Senin (5/08 2019.)

Baca Juga: Hati-Hati Terbang dari Bandara Yogyakarta

yogya
Pantai di Yogyakarta akan mengalami gelombang tinggi. (Foto: jogja-parangtritis-instagram@her_herlin)

Prediksi tinggi gelombang pada 4 Agustus 2019 antara 2-3,5 meter, 5 Agustus 2-3,5 meter, 6 Agustus 2-3 meter, 7 Agustus 1,5-3 meter, 8 Agustus 2-3,5 meter dan 9 Agustus 2,5-4 meter.

Eti menjelaskan gelombang tinggi terjadi akibat adanya perbedaan tekanan udara yang signifikan antara wilayah Australia yang bertekanan tinggi dengan Asia yang bertekanan rendah. Perbedaan tekanan ini mengakibatkan peningkatan kecepatan angin di Samudra Hindia Selatan DIY.

"Kecepatan angin mencapai 45 hingga 70 km per jam sehingga menimbulkan gelombang laut tinggi di pantai Selatan Yogyakarta,"jelas dia.

Sementara itu Kepala BPBD DIY Biwara Yuswanta melarang wisatawan mandi di pantai. Wisatawan juga diminta menjauhi bibir pantai.

"Para pelaku usaha di pantai waspada gelombang pasang. Nelayan kalau bisa libur melaut dahulu hingga ombak terkendali,"kata dia.

Nelayan juga diminta berhati-hati saat melaut dan menambatkan kapal di tempat yang aman. Masyarakat juga diminta agar mematuhi imbauan petugas SAR di sekitar pantai. disamping itu nelayan dan wisatawan diminta terus mengupdate informasi cuaca dan prakiraan gelombang dari BMKG DIY. (*)

Baca Juga: 5 Kebiasaan di Jogja yang Harus Dipahami Traveler


Tulisan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah DI. Yogyakarta.

Kredit : patricia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH