Gelombang Setinggi 4 Meter Ancam Pesisir Selatan Jawa Ilustrasi gelombang tinggi. Foto: Stockphoto

MerahPutih.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gelombang tinggi masih mengancam perairan Selatan Jawa dan Selat Sunda bagian Selatan dengan tinggi mencapai hingga 4 meter. Untuk itu, warga, nelayan dan wisatawan diimbau untuk tidak beraktivitas di sekitar pantai terlebih dahulu.

"Kita minta wisatawan, warga pesisir pantai dan nelayan tidak melakukan aktivitas di laut, karena cukup membahayakan keselamatan jiwa," kata Kepala Seksi Data BMKG Serang, Tardjono saat dihubungi di Lebak, Banten, Rabu (2/1).

Menurut Tardjono, potensi gelombang tinggi ini tidak hanya berpeluang terjadi di sekitar Banten, tetapi hampir di seluruh pesisir Selatan Indonesia hingga wilayah barat. "Kami berharap nelayan kecil tidak melaut karena bisa menimbulkan kecelakaan laut," imbuh dia.

bmkg gelombang
Pergerakan cuaca dan angin di kawasan Indonesia. (Foto: bmkg.go.id)



BMKG melansir sebagaimana dikutip dari Antara, ketinggian gelombang 2,5 meter sampai 4,0 meter berpeluang di Perairan Selatan Banten, Jawa Barat hingga Bali Selatan, Bali bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Jawa Barat hingga NTB.

Adapun, tinggi gelombang laut yang lebih rendah 1,25 sampai 2,5 meter berpeluang terjadi di Perairan Riau, Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue, Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Peraian Selatan Lombak hingga Sumba dan Perairan Selatan Rotte-Kupang.

"Kami minta pelaku pelayaran juga waspada gelombang tinggi itu," tandas pejabat BMKG Serang itu. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH