Gelombang di Pantai Selatan 4 Meter, Nelayan Hingga Wisatawan Diminta Waspada

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 14 Februari 2020
Gelombang di Pantai Selatan 4 Meter, Nelayan Hingga Wisatawan Diminta Waspada
Ilustrasi (foto: pixabay/rolandmey)

Merahputih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi di laut selatan Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Tinggi gelombang di wilayah perairan selatan Jabar hingga DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar hingga DIY diprakirakan berkisar 2,5 sampai empat meter," ujar Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Teguh Wardoyo di Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Baca Juga:

Suhu Panas di Solo Capai 40 derajat, Begini Penjelasan BMKG Jawa Tengah

Ia mengimbau pengguna dan penyedia sarana transportasi laut, wisatawan, nelayan, dan operator tongkang mewaspadai potensi munculnya gelombang tinggi di wilayah perairan tersebut.

surf tide
Ilustrasi. foto: pixabay/ravelinerin)

Peningkatan kecepatan angin yang bertiup di atas laut selatan Jabar, Jateng, dan DIY memicu terjadinya gelombang tinggi di wilayah perairan tersebut. Ia mengatakan, kecepatan angin di wilayah selatan Indonesia diprakirakan berkisar 5 sampai 20 knot dan bertiup dari arah barat-utara.

"Oleh karena itu, kami kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di wilayah perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY yang berlaku pada tanggal 14-15 Februari 2020," beber dia dikutip Antara.

Baca Juga:

Hitam atau Putih, Warna Mana yang Pas untuk Cuaca Panas?

Teguh mengimbau nelayan dan semua pihak yang melakukan aktivitas di laut untuk tetap memperhatikan informasi mengenai prakiraan cuaca dan tinggi gelombang yang dikeluarkan BMKG sebelum berangkat melaut.

"Kami akan segera menginformasikan kepada masyarakat jika ada perkembangan lebih lanjut terkait dengan tinggi gelombang di laut selatan Jabar, Jateng, dan DIY tersebut," tutup dia. (*)

#Gelombang Tinggi #BMKG
Bagikan
Bagikan