Finansial

Geliat Perempuan dalam Investasi Kripto

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 07 Maret 2022
Geliat Perempuan dalam Investasi Kripto
Jumlah perempuan yang jadi investor kian meningkat.(pixabay/geralt)

BANYAK yang meyakini bahwa perempuan cuku andal terkait dengan urusan pengelolaan keuangan. Meski demikian, untuk urusan investasi, terlebih aset kripto, peran laki-laki justru paling sering terdengar.

Data yang dirilis Finder menyebut, pada Desember 2021, tercatat sekitar 51 persen laki-laki di Indonesia memiliki aset kripto jika dibandingkan dengan 49 persen perempuan. Sebenarnya angka itu telah meningkat dari survei sebelumnya pada Oktober 2021. Ketika itu, tingkat kepemilikan kripto oleh laki-laki mencapai 58 persen dan perempuan 42 persen.

BACA JUGA:

Pesat, Perkembangan Blockchain di Indonesia

Hasil survei Finder juga sejalan dengan pertumbuhan investor aset kripto di Tokocrypto. Pada akhir Desember 2021, terdapat sekitar 30 persen investor perempuan ketimbang laki-laki yang mencapai kisaran 70 persen. Angka itu juga membuktikan investor perempuan mengalami tingkat pertumbuhan yang signifikan.

VP Corporate Communication Tokocrypto Rieka Handayani mengatakan partisipasi perempuan di investasi aset kripto tak dimungkiri masih tergolong rendah ketimbang laki-laki. Faktanya, perempuan punya kemampuan yang andal dalam pengelolaan keuangan dan sekaligus bisa siap lebih jago berinvestasi.

aset kripto

Jumlah perempuan investor mengalami pertumbuhan yang signifikan. (pixabay/geralt)

"Dalam hal pengelolaan keuangan, perempuan terhitung mahir melakukannya. Bahkan, sering kali, perempuan mendapatkan julukan 'menteri keuangan' dalam sebuah keluarga. Kemampuan berinvestasi juga bisa menjadi cara untuk menjadi perempuan yang independen dan mandiri secara finansial. Perempuan bisa menjadi penyelamat keuangan sebuah keluarga atau bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri," kata Rieka.

Untuk memulai investasi, perempuan bisa melirik instrumen aset kripto. Alasannya, instrumen ini menjadi pilihan investasi dengan anggaran yang tidak terlalu besar serta mudah diakses. Investasi aset kripto memiliki tingkat risiko yang rendah sampai yang paling tinggi, investor tinggal menyesuaikan dengan profil risiko masing-masing.

Untuk memulai investasi kripto, ada empat hal yang harus diketahui. Perempuan juga bisa mencobanya dan bahkan berpotensi mendapat penghasilan yang luar biasa. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk memulai investasi. Ada baiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut.

1. Mulai sedini mungkin

Aset kripto merupakan instrumen investasi yang masih tergolong baru. Oleh karena itu, profit yang lebih baik bisa diraih dengan mulai investasi sedini mungkin. Perempuan yang ingin memulai investasi tidak harus memikirkan batas gaji atau menunggu punya karier yang mapan dan sudah menikah. Investasi merupakan rencana jangka panjang yang hasilnya baru dapat dinikmati dalam jangka waktu tertentu. Jadi memulainya lebih dini dapat menjadi langkah yang tepat.

2. Tentukan tujuan investasi

Perempuan sering kali ragu dalam memulai investasi, karena kurangnya rasa percaya diri. Namun, hal itu ini bisa dihindari dengan menentukan tujuan atau goal yang jelas. Investor harus paham untuk apa melakukan investasi, apa saja tujuan yang ingin dicapai.

Jika tujuan sudah terinci dengan jelas, kepercayaan diri untuk berinvestasi pun lebih matang. Contoh tujuan investasi yakni menabung biaya pendidikan anak, atau mungkin untuk dana.

investasi

Perempuan cukup mahir melakukan investasi. (foto: freepik/senivpetro)

3. Selalu belajar

Aset kripto merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki risiko yang tinggi, tapi dengan imbal hasil yang baik (high risk, high return). Maka dari itu, untuk memulai investasi, perempuan investor harus paham terlebih dahulu faktor risikonya dan cara menghindari kerugian.

Jenis aset kripto yang dipilih bisa disesuaikan dengan karakter investor apakah seorang high-risk, medium-risk atau low-risk. Jika kita kurang berani untuk mengambil risiko rugi, bisa memilih aset kripto dengan kapitalisasi besar atau stablecoin yang cenderung tidak terlalu volatil.

4. Gunakan platform yang tepat

Perempuan investor bisa memilih berbagai platform investasi aset kripto yang resmi terdaftar di Bappebti. Salah satunya ialah platform Tokocrypto. Memilih platform exchange atau pedagang aset kripto yang tepat bisa memberikan rasa aman dan nyaman. Platform juga harus memiliki berbagai inisiatif untuk sarana edukasi untuk para investor pemula. Investasi aset kripto di Tokocrypto, misalnya, bisa dimulai dari modal Rp 50.000. Trading fee paling murah yaitu 0,1 persen. Selain itu, biaya penarikan dana atau withdraw tidak lebih dari Rp 5.500.

Tokocrypto meningkatkan partisipasi perempuan di investasi aset kripto dan dalam rangka momen International Women's Day 2022, dengan menyelenggarakan program Perempuan #SiapLebih dengan berbagai keuntungan. Para investor kripto perempuan bisa mengikuti Trading Competition dengan total hadiah lebih dari Rp 100 juta selama periode mulai 1 Maret 2022 10.00 WIB hingga 15 Maret 2022 23.59 WIB.

Selain itu, selaras dengan semangat women support women, investor perempuan yang baru bergabung menjadi nasabah Tokocrypto dan telah menyelesaikan proses Know You Customer (KYC) bisa mendapatkan aset kripto gratis berupa, token TKO. Periode program ini berlaku mulai 1-31 Maret 2022.(DGS)

#Finansial #Kripto
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan