Geliat Perekonomian Masyarakat di Objek Wisata Kura-Kura Belawa Cirebon Kura kura Belawa (Foto: MP/Mauritz)

DI momen akhir pekan ini, Objek Wisata Kura-Kura Belawa mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik itu dari wilayah Cirebon maupun luar. Mereka berdatangan karena ingin menyaksikan hewan endemik khas wilayah Belawa, yakni Kura-Kura Belawa.

Sejak dibenahi, objek wisata ini mulai menunjukkan daya pikatnya. Meskipun hanya memiliki luas sekitar 0,5 hektare, namun pengunjung tetap berdatangan di masa liburan.

Dengan banyaknya pengunjung yang datang, objek wisata yang dulunya seolah hidup segan mati tak mau, kini mulai bangkit. Dampak positif perekonomian masyarakat di sekitar Desa Belawa Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, menjadi lebih maju sedikit demi sedikit.

Baca juga:

Siap Nikmati Seluruh Wisata Cirebon? Ini Jalur Khusus Destinasinya

Objek wisata kura-kura Belawa (Foto: MP/Mauritz)
Objek wisata kura-kura Belawa (Foto: MP/Mauritz)

Salah satu tokoh masyarakat di Desa Belawa, Aceng Sudarna mengatakan, ada dampak positif yang dirasakan masyarakat dengan adanya Objek Wisata Kura-Kura Belawa. Bukan hanya mendapat pemasukan dari pengelolaan obyek wisata saja, akan tetapi ikut juga memberikan keuntungan bagi para pedagang yang mayoritas adalah ibu rumah tangga di Desa Belawa.

"Masyarakat tidak perlu keluar untuk mencari kerja. Cukup di sini sudah bisa memajukan perekonomian," jelasnya, Minggu (8/12/2019).

Aceng berharap, agar pemerintah dan dinas terkait bisa memberikan dukungan pada kemajuan sektor pariwisata. Mulai dari memberikan fasilitas jalan yang baik menuju lokasi, maupun melengkapi berbagai sarana dan pra sarana di area objek wisatanya.

Baca juga:

Pesona GKI Indramayu, Gereja Tertua di Indramayu

Objek wisata kura-kura Belawa banyak dikunjung wisatawan (Foto: MP/Mauritz)
Objek wisata kura-kura Belawa banyak dikunjung wisatawan (Foto: MP/Mauritz)

"Pemerintah juga harus ikut menunjang dari sisi sarana dan prasarana publiknya, jalan harus bagus, agar wisatawan nyaman," jelasnya yang juga sebagai pensiunan pejabat di Kementerian Perdagangan era Presiden Megawati.

Sementara salah seorang pedagang di Objek Wisata Kura-Kura Belawa, Radi (45), mengaku sangat bersyukur semakin banyaknya kunjungan wisatawan. Apalagi dirinya yang sempat menjadi kuli bangunan di Jakarta.

“Sudah setengah tahun kami berjualan di sini. Alhamdulillah rezeki yang kami dapatkan cukup untuk kebutuhan sehari-hari," pungkasnya.

Tulisan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Barat.

Baca juga:

Wisata Religi di Petilasan Sunan Kalijaga, Cirebon


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH