Gelar Tausiah, Cara Umat Gereja Katolik St Servatius Betawi Dekat dengan Masyarakat Gereja St.Servatius Kampung Sawah, Pondok Gede (Foto: Dok/Flo)

MerahPutih.com - Banyak kegiatan yang dilakukan umat Gereja Katolik Santo Servatius menggunakan adat Betawi dalam upayanya mendekatkan orang asli di wilayah Bekasi. Pada tanggal 2 Juni 2018 umat Katolik St Servantius berencana menggelar Buka Puasa dan tausiah bersama di dekat halaman Kelurahan Jatimurni, Bekasi.

Acara tersebut dilaksanakan untuk meramaikan Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriah. Kegiatan ini diperuntukan bagi masyarakat umum dari semua golongan.

"Ada dialog (antar tokoh agama di Bekasi), dan tausiyah," kata Wakil Ketua Dewan Paroki Gereja Katolik St Servatius, Matheus Nalih Ungin, saat dikonfirmasi Merahputih.com, Rabu (16/5).

Kepanitiaan kegiatan ini, kata Nalih. menggandeng juga dari Forum Nasional Bhineka Tunggal Ika Kota Bekasi dan Komunitas Suara Kampung Sawah. Hal itu dilakukan agar satu sama lain warga Bekasi makin saling kenal.

"Ini sering kita lakukan, kita ingin bekasi makin toleran dan kenal satu sama yang lain," tuturnya.

ilustrasi gereja (Foto: ngopibareng)

Sementara itu di lokasi yang berbeda, Jacob, umat Gereja Katolik St Servatius mengatakan sebelum bulan puasa pihaknya melakukan pesta rakyat namanya Sedekah Bumi. Kegiatan itu dilaksanakan pada Minggu 13 Mei 2018 lalu.

"Perayaan semacam pentas budaya dan makan bersama. Dengan kita mengundang beberapa tokoh-tokoh agama lain dan ada juga orang pemerintahan. Kemudian kita makan bersama," kata Jacob saat dikonfirmasi Merahputih.com, Rabu (16/5).

Sedekah Bumi itu sesembahan hasil panen masyarakat Kampung Sawah Bekasi, Jawa Barat. Hasil yang dibawa saat kegiatan Sedekah Bumi berupa buahan-buahan dan padi dan hasil sebagainya mentah.

"Acara ini habis ibadah kita makan bersama. Siapa aja yang di kampung Sawah ini boleh mampir," ungkapnya (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH