Gelar Tahlilan Tujuh Hari Wafatnya Ibu Ani, SBY Enggan Bicara Politik Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Keluarga besar Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggelar tahlilan memperingati wafatnya Kristiani Herrawati atau lebih dikenal dengan nama Ani Yudhoyono.

Tahlilan tujuh hari Ibu Ani berlangsung di kediaman Presiden SBY, Kawasan Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/6) malam.

Dalam balutan suasana duka tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat enggan bicara politik. SBY masih dalam masa berkabung atas kepergian Ibu Ani Yudhoyono, demikian yang disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan.

"Kemarin kami berdiskusi dengan beliau (SBY). Beliau masih berduka dan akan (beraktivitas) di rumah Cikeas. Mungkin pekan depan bisa ke (kediaman di) Kuningan, tapi kembali lagi ke Cikeas," ujar Hinca Panjaitan kepada wartawan di lokasi, Jumat (7/6).

SBY dan keluarga saat pemakaman Ibu Ani Yudhoyono
SBY bersama anak-anak dan cucunya saat pemakaman Ibu Ani Yudhoyono (MP/Asropih)

Lebih lanjut, Hinca mengungkapkan sampai saat ini kegiatan kepartaian baik yang melibatkan keputusan strategi dari SBY atau tidak, belum berjalan sepenuhnya. Hanya saja tugas teknis diemban Hinca selaku Sekjen PD.

"Teknis kegiatan kepartaian, saya masih dapat menjalankannya. Karena saat ini paling masih fokus (memantau sengketa hasil Pemilu 2019) di Mahkamah Konstitusi," ujar Hinca.

Selain itu, lantaran masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1440 H, banyak kader serta fungsionaris partai yang masih ber-Lebaran dengan sanak familinya.

Dengan demikian, Hinca Panjaitan memprediksi roda partai akan mulai bergerak aktif setelah tanggal 11 Juni 2019.

Namun, belum dapat diketahui apakah SBY akan mulai terjun langsung mengurusi partai atau tidak.

Tahlilan dimulai setelah salat Isya berjemaah. SBY bersama kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), tampak khusyuk memanjatkan doa untuk Ani Yudhoyono.

BACA JUGA: Demokrat Ungkap Sikap Prabowo Sesungguhnya Terhadap Hasil KPU

Sidak ke Rutan KPK, Tim Ombudsman RI Ditolak

Besan SBY, Hatta Rajasa, dan kedua cucu laki-laki SBY, Airlangga Satriadhi Yudhoyono dan Pancasakti Maharajasa Yudhoyono, juga tampak hadir di lokasi. Tiga foto Ani Yudhoyono semasa hidup turut dipajang di pendapa.

Meski hujan, masyarakat tetap khusyuk memanjatkan doa untuk almarhumah Ani. Mereka memadati tenda yang sudah disiapkan di halaman pendapa Puri Cikeas.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH