Gelar Sosialisasi di Perlintasan, KAI-Komunitas Pecinta KA Ajak Pengendara Tertib Berlalu Lintas Sosialisasi di PJL No. 17 yang terletak sekitar 80 meter ke arah Selatan Stasiun Kemayoran, Jumat (31/5) (MP/Asropih)

MerahPutih.com - PT KAI Daop I Jakarta memanfaatkan momen mudik Lebaran untuk mensosialisasikan tentang budaya pentingnya disiplin berlalu-lintas di perlintasan. Menggandeng Komunitas Pecinta Kereta, mereka melakukan sosialisasi di PJL No. 17 yang terletak sekitar 80 meter ke arah Selatan Stasiun Kemayoran, Jumat (31/5).

BACA JUGA: Kapolda Metro Jaya Imbau Para Pemudik Agar Tidak Pakai Sepeda Motor

Kampanye tertib berlalu lintas di perlintasan sebidang karena banyaknya kecelakaan yang disebabkannya ketidakdisiplinan pengendara bermotor.

Nantiya, sosialisasi akan diisi dengan kegiatan kampanye pentingnya disiplin berlalu-lintas, tata cara berlalu lintas yang benar di pelintasan sebidang, dengan memajang spanduk bertuliskan 'STOP Menerobos Pintu Pelintasan Kereta Api' dan aneka papan bergambar tentang bahaya menerobos pintu pelintasan.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi keselamatan di pelintasan sebidang ini, bisa menjadi momentum bagi masyarakat Jakarta, khususnya kendaraan yang melalui pelintasan sebidang agar Iebih disiplin berlalu-Iintas. Sehingga, tidak teriadi Iagi kecelakaan lalu lintas yang sering mengakibatkan korban luka dan korban jiwa,” ujar Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah dalam keterangan persnya, Jumat (31/5).

Kampanye tertib berlalu lintas di perlintasan sebidang (MP/Asropih)

Untuk aksi peduli keselamatan di pelintasan sebidang ini akan ada 50 personel turun langsung ke jalan, yang tergabung dari PT KAI Daop 1 Jakarta dan berbagai komunitas pecinta KA. Setiap bulannya selama 3 (tiga) kali, PT KAI Daop 1 Jakarta bersama Komunitas Pecinta KA melakukan hal yang sama.

Saat ini terdapat 472 pelintasan sebidang di area PT KAI Daop 1 Jakarta, 182 di antaranya merupakan pelintasan resmi dan 290 lainnya merupakan pelintasan liar. Upaya untuk keselamatan perjalanan KA dan pengendara tak hanya dilakukan melalui sosialisasi, secara bertahap PT KAI Daop 1 Jakarta juga kerap melakukan penutupan pelintasan liar yang rawan kecelakaan.

BACA JUGA: PT KAI Berangkatkan Pemudik dari Stasiun Jakarta Kota

Pada tahun 2018, telah dilakukan penutupan 34 pelintasan sebidang di wilayah PT KAl Daop 1 Jakarta. Sedangkan pada tahun 2019 hingga bulan Mei ini, sebanyak 7 pelintasan sebidang telah ditutup. Di antaranya pelintasan di wilayah Cakung Kranji KM 22+068, Lemah Abang Kedunggeh dan KM 55+242, serta Karawang Klari KM 67+400. (Asp)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH