Gelar Pertemuan di Bandung, Pemimpin Negara OKI akan Bentuk MPR

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 22 Oktober 2022
Gelar Pertemuan di Bandung, Pemimpin Negara OKI akan Bentuk MPR
Museum Konferensi Asia Afrika. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

MerahPutih.com - Para pemimpin parlemen negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan mengelar pertemuan di Hotel Pullman Kota Bandung, pada 24-26 Oktober 2022.

Pertemuan tersebut merupakan penguatan parlemen dari negara-negara Islam sebagai alternatif untuk membahas isu-isu global, termasuk pembentukan Forum MPR/Majelis Syuro/Majelis Tinggi Sedunia atau nama lainnya sebagai kesepakatan kerja sama dari negara-negara Islam di seluruh dunia.


Baca Juga

Angkat Tradisi Sunda, Film 'Nana' Pulang Kampung ke Bandung


Salah satu lokasi yang bakal dikunjungi yaitu Museum Konferensi Asia Afrika (KAA), Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Pengelola museum menyatakan siap menyambut para pemimpin dunia tersebut.


Kepala UPT Museum Konferensi Asia Afrika, Dahlia Kusuma Dewi menyampaikan, pembukaan pertemuan para pemimpin parlemen tersebut akan berlangsung di Gedung Merdeka. Selanjutnya, para peserta juga akan berkunjung ke Museum KAA.


Untuk menyambut para peserta, Gedung Merdeka juga melakukan sejumlah renovasi.


"Untuk tanggal 25 Oktober pagi itu kegiatan berada di Aula Gedung Merdeka, setelah itu dijadwalkan ada kunjungan ke Museum KAA," jelasnya.

Baca Juga

Bandung Tetap Ibu Kota, Pusat Pemerintah Jabar Diusulkan Dipindah


Terkait kesiapan, Dahlia memastikan pihaknya siap untuk menyambut para delegasi juga acara itu.


"Kita sudah menyiapkan. Kita sudah beberapa kali berkoordinasi dengan MPR. Tentunya sudah siap pihak Pemprov Jawa Barat ini terus dipercepat renovasinya. Saya lihat aula dan sayap barat, juga ruang VIP untuk mengejar acara," bebernya.


Dahlia menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan pertemuan antar pemimpin parlemen yang digagas oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).


"Kebetulan negara yang diundang itu juga anggota dari OKI. Semua ini dalam konteks OKI. Artinya kalau OKI itu tentu punya agenda tahunan tersendiri, kalau agenda ini di luar OKI," jelasnya.


Berdasarkan agendanya, forum MPR dunia ini akan mengundang pimpinan parlemen dari negara-negara Islam di seluruh dunia.


Selain membahas beberapa isu global, pertemuan parlemen negara Islam juga akan menyuguhkan cerita-cerita sejarah di Kota Bandung untuk para delegasi.


Para delegasi dijadwalkan mengikuti historical walk dengan berkeliling melihat bangunan cagar budaya di Kota Bandung hingga memasuki Gedung Merdeka yang menjadi tempat Konferensi Asia Afrika.


Selain itu, alasan lain dipilihnya Bandung sebagai tuan rumah forum pertemuan itu karena dulu MPR RI saat berstatus MPRS pernah berkantor di Gedung Merdeka dari tahun 60-an hingga 1971. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga

Forum WPA di Bandung, Wujud Kepedulian pada Ibu-ibu ODHA

#Konferensi Asia Afrika #Kota Bandung
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan