Gelar Nobar Film G 30 S/PKI, Kapendam I/BB Akui Terima Instruksi Lisan Salah satu cuplikan adegan film G 30 S/PKI (Foto: Screenshot youtube/soeharto file)

MerahPutih.Com - Kegiatan nonton bareng (Nobar) film G 30 S/PKI digelar untuk mengingatkan lagi sejarah kepada para pemuda/i Indonesia. Teknis pelaksanaan nobar ini masih dalam pembahasan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Penerangan Kodam I/BB (Kapendam) Kolonel Inf Edi Hartono ketika dihubungi wartawan, MInggu (17/9).

Menurut Kolonel Edi Hartono, instruksi mengadakan Nobar film tersebut telah diterimanya secara lisan. "Iya betul. Secara tertulis belum," bilangnya.

Karena itulah, sambungnya, teknis pelaksanaan nobar ini masih dalam pembahasaan. "Mengenai dimana, kapan waktu pelaksanaannya masih belum ada. Masih dibahas," ucapnya.

Menurutnya, instruksi nobar ini bagus sebagai pengenalan sejarah kepada generasI muda. Sebab, masih banyak generasi muda yang tak memahami atribut-atribut komunis. Kegiatan inj juga kerap digelar setiap Hari Kesaktian Pancasila. Edi juga mengingatkan bila Ketetapan MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI) dan dan melarang penyebaran ajaran komunisme, Marxisme-Leninisme masih berlaku.

"Di media sosial kita lihat banyak atribut seperti itu. Bahkan kemarin pernah diamankan oleh Kodim 0201/BS seorang pemuda yang pakai kaos berlambangkan komunis di Lapangan Merdeka. Khawatir anak-anak muda gak ngerti soal ini, dan justru membuat paham ini jadi trending dan eksis kembali," ucapnya.

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Amsal Chaniago, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Medan dan sekitarnya.

Ikuti berita-berita menarik lainnya dari Medan dalam artikel: Gadaikan Sertifikat Tanah, Kerabat Polisikan Keponakannya



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH