Gelar Konser VR Perdana, BLACKPINK Tawarkan Pengalaman Nonton di Barisan Terdepan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 29 November 2023
Gelar Konser VR Perdana, BLACKPINK Tawarkan Pengalaman Nonton di Barisan Terdepan
BLACKPINK akan jadi grup K-Pop pertama yang menggelar konser VR. (Foto: Oculus)

BLINK dalam waktu dekat bisa menonton konser BLACKPINK di barisan terdepan tanpa harus meninggalkan kamar masing-masing. Sebab, girl group kuartet ini akan menggelar konser dengan memakai teknologi virtual reality (VR). BLACKPINK menjadi grup K-Pop pertama yang menggelar konser virtual berteknologi VR, loh.

Dilansir oleh laman Allkpop, kabar soal konser virtual nan bertajuk ‘BLACKPINK: A VR Encore’ ini pertama kali diumumkan pada pertengahan November 2023. Untuk menciptakan konser dan penampilan virtual ini, grup beranggotakan Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé ini berkolaborasi dengan pihak Meta (dulunya Facebook). Perusahaan asal Amerika Serikat memang berfokus pada pengembangan dunia virtual atau kerap disebut sebagai Metaverse.

“Kami sangat senang bisa menjamah dunia VR karena teknologi ini memungkinkan kami untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan menampilkan musik dengan cara baru,” tutur BLACKPINK seperti dikutip dari Allkpop.

Baca juga:

BLACKPINK Disebut Tandatangani Kontrak Non-eksklusif dengan YG Entertainment

Konser virtual ini akan mereka ulang penampilan dan set panggung BLACKPINK ketika melaksanakan konser encore di Seoul pada 16 dan 17 September. (Foto: Oculus)

Selain itu, BLACKPINK juga menggandeng perusahaan produksi The Diamond Bros, pemenang dari ajang Emmy Awards. The Diamond Bros akan menjadi produser sekaligus pengarah konser ini. Nantinya, keempat entertainer asal Korea Selatan ini akan tampil dalam wujud avatar serta bisa berinteraksi langsung dengan penggemar dalam ranah dunia digital.

‘BLACKPINK: A VR Encore’ rencananya akan berjalan selama kurang lebih 70 menit. Penampilan ini merupakan kreasi ulang nan lebih kreatif dari konser encore ‘BORN PINK’ di Gocheok Sky Dome, Korea Selatan. Konser penutup dari tur dunia BLACKPINK ini waktu itu dilaksanakan pada September 2023.

Meski sifatnya digital, tetapi konser ini tetap punya lokasi khusus, loh. Konser VR BLACKPINK akan digelar di sebuah area virtual bernama Meta Horizon Worlds’ Music Valley. Lokasi ini memungkinkan penggemar untuk menonton konser lebih dekat dari barisan terdepan. Pengalaman ini nantinya bisa diakses oleh pengguna headset Meta Quest VR di lokasi negara tertentu.

Baca juga:

Suarakan Isu Perubahan Iklim, BLACKPINK Terima Gelar MBE dari Raja Charles III

Ada sederet konser yang tergabung dalam rangkaian 'Music Valley Concert Series' milik Oculus atau Meta. (Foto: Oculus)

‘BLACKPINK: A VR Encore’ merupakan bagian dari rangkaian ‘Music Valley Concert Series’ yang diusung oleh Oculus. Rangkaian ini terdiri atas empat konser yang diisi oleh beberapa musisi internasional. Ada The Kid LAROI (28 November), Victoria Monét (4 Desember), Jungkook (11 Desember), serta BLACKPINK.

“Konser VR ini bukan sekadar penampilan belaka, melainkan juga perpanjangan dari tur dunia yang selama ini kami jalani sepenuh hati,” lanjut grup besutan YG Entertainment itu.

Konser ‘BLACKPINK: A VR Encore’ akan mulai digelar pada 26 Desember pukul 5 sore waktu Pasifik atau 27 Desember pukul 8 pagi WIB. BLINK bisa mengakses tiket konser virtual ini melalui laman resmi Meta atau Oculus. (mcl)

Baca juga:

3 Hak Istimewa untuk Rosé BLACKPINK lewat Gelar MBE

#K-Pop #KPop #BLACKPINK #Kpop Idol
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan