Gelar Aksi Damai, Warga Solo Serukan Jangan Golput Warga Solo, Jawa Tengah, menggelar aksi damai di Plaza Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (15/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Lima pemuka agama berkumpul di Jalan Adisucipto, Plaza Manahan, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Senin (15/4). Mereka berjalan kaki mengelilingi Plaza Manahan yang ada patung Soekarno sedang membaca buku.

Sambil berjalan kaki mereka membawa bendera merah putih dan poster bertuliskan 'Jangan Golput Berdoa Renungkan. Coblosen Menuju Indonesia Ayem Tentrem' dan 'Dancuk Kerumat (Komandan Pucuk Kerukunan Umat Indonesia)'.

Koordinator aksi simpatik, Bagyo
Koordinator aksi simpatik, Bagyo. Foto: MP/Ismail

Aksi tersebut sontak membuat warga yang melintas di Jalan Adisucipto penasaran hingga menghentikan laju kendaraannya. Bahkan warga ada yang ikut serta dalam aksi itu setelah sebelumnya merasa penasaran.

"Saya imbau warga jangan golput. Wajid menyuarakan hak pilinya di TPS dong pada tanggal 17 April" ujar koordinator aksi simpatik, Bagyo pada MerahPutih.com.

Ia pun mengajak warga agar datang ke TPS memilih capres-cawares sesuai nurani. Kalau pilih golput bisa dianggap menghina negara.

"Coblos pilihan terbaik. Tetap damai dan tentrem. Yang terpenting harus menjaga persatuan dan persatuan," kata dia.

Warga Solo, Jawa Tengah, menggelar aksi damai di Plaza Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (15/5). (MP/Ismail)
Warga Solo, Jawa Tengah, menggelar aksi damai di Plaza Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (15/5). (MP/Ismail)

Bagyo menjeskan aksi simpatik dengan melibatkan lima pemuka agama ini memberikan pesan kerukunan umat beragama agar Indonesia damai ayem dan tentrem.

"Meskipun berbeda agama tidak menghalangi untuk bersama menjaga NKRI. Datang ke TPS menyuarakan dengan semangat seusai nurani masing masing," kata dia.

Mantan aparat TNI ini menghimbau pada warga jangan golput. Pemilu ini sangat menentukan bangsa Indonesia lima tahun ke depan

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuj wilayah Solo dan sekitarnya


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH